Tuesday, March 9, 2010

Lowongan Kerja

Siapa sich yang mau jadi pengangguran?! Terutama buat yang udah sukses ngantongin titel D3, S1, apalagi S2. Haduhh..., beban mental euy..!! Kemana kaki melangkah, orang-orang memandang hanya dengan mata sebelah.. (yaelahh..! :P) Kalo keong mah enak ya, bisa bawa cangkang kemana-mana biar ga' malu. Lha kita?!? (enak aja disamain dengan keong! :P)

Tapi.., jaman sekarang kan nyari kerjaan susah? (bukannya dari dulu?) Kalo pun ada, wuuh.., saingannya buanyaaaaakkk.. seabrek-abrek. Mo masukin lamaran aja, musti antre kayak pembagian sembako. Hhh..., capek dech...

Hehe.., pusying yak mikirnya? Makanya ga usah kebanyakan mikir.., ntar malah stres lo... (hiiyyy... :/) Truz gimana dunk...?? Anak istri mau makan nich.., belum lagi mau bayar utang, bayar uang kontrakan, bayar ini, bayar itu.., etc.. (wah..wah.. :D) Ya udah gini aja, kita simak tips di bawah ini. Siapa tau aja bisa bantuin kita buat dapetin pekerjaan..

TIPS MENDAPATKAN PEKERJAAN
Pertama, cari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita, biar lebih paham and profesional..

Kedua, sadar kemampuan diri. Maksudnya.., jangan ngoyo dengan ngelamar pekerjaan yang butuh banyak persyaratan di luar kemampuan kita. Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan kadang cuma nyari pegawai baru yang spesifik dengan kebutuhan mereka. So, carilah kerjaan yang sesuai dengan kemampuan kita, atau sedikit lebih tinggi.

Ketiga, siapin berkas lamaran berupa surat lamaran dan cv (curriculum vittae) dalam bahasa inggris dan bahasa indonesia dengan tampilan yang segar, sederhana dan terlihat profesional. Usahakan foto kita juga dalam kondisi yang terbaik, baru, dan terlihat meyakinkan.

Keempat, waktu wawancara, tunjukin kalo kita tuh mampu dan bisa bekerja keras dalam menjalankan segala pekerjaan yang diberikan dengan wawasan yang luas, memiliki semangat kerja keras yang tinggi, tingkah laku yang sopan, sederhana, jujur, setia dan penurut. Perusahaan biasanya ga' menghendaki pegawai "kutu loncat" yang belum lama bekerja udah mengundurkan diri karena dapet pekerjaan lain.

Kelima, tetapin masalah gaji dan tunjangan dengan wajar dan jangan berlebihan, apalagi kalo kita baru lulus dan belum punya pengalaman. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka akan semakin tinggi pula harga jual kita.

Nach, selamat mencoba. Mudah-mudahan, kali ini berhasil yach.. Semangat!! ^_*
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)