Wednesday, March 10, 2010

Ngerumpi, Budaya Asyik yang Mengusik

NGERUMPI. Siapa sich yang gak tau?? Sebuah aktivitas mengasyikkan, yang akraaaabb... banget sama kehidupan sehari-hari (weww... :D) Abis gimana enggak, kita bisa nemuin yang namanya ngerumpi dimana pun. Di sekolah, di bis kota, angkot, mall, halte, kompleks perumahan, masjid (hah!?), kelompok arisan...etc...

Ya boleh-boleh aja sich ngerumpi, asal tetap dalam koridor yang dibolehkan... (emang ada gituh??). Ya ada lah... Ngerumpi pelajaran, nyari pemecahan permasalahan, tuker info gimana biar anak sehat, gimana masak yang enak, bagi pengalaman tentang ngatur keuangan.., dll... (ini mah namanya diskusi...) Sama aja brur! Bedanya, ngerumpi cenderung ngalor, tapi gak ngidul-ngidul.., hehe... :D

Parahnya, kalo ngerumpi udah sampai pada tahap mengganggu. Ngomongin orang, kasak kusuk gak karuan. Pagi, siang, sore, malam, ngerumpii...mulu...!! Haduh.., apa ga ada kerjaan lain kali ya? Padahal nich.., ngerumpiin orang tuh ibarat sedang memakan bangkai orang yang sedang diomongin. (aww.., kanibal dong??!) Ya iya..!!

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah sebagian kalian menggunjingkan (ghibah) sebagian yang lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujuuraat: 12)

So.., sebisa mungkin kurangilah budaya ngerumpi, kurang manfaatnya. Bahkan gak ada. (siapa bilang?? ngerumpi bisa ngilangin suntuk tauuuukk...!!) Ah, apa iya... Ntar alih-alih ngilangin suntuk, malah tambah suntuk gara-gara ngeliat tetangga beli kulkas, lemari, kompor gas... (ehemm... :P) Udah dech.., gak usah sibuk ngomongin keburukan orang, toh kita pun punya banyak keburukan, dan inget.., orang lain juga punya mulut lho... Ngertikan maksudnya?
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)