Monday, April 25, 2011

Belajar Memaknai Ujian

"Hanya di saat langit gelap kita dapat melihat indahnya bintang bersinar."

Suatu hari, beberapa orang pekerja bangunan sedang bekerja membangun sebuah gedung bertingkat. Salah seorang pekerja yang sedang berada di atas kerangka gedung memandangi teman-temannya di bawah. Ia lalu melemparkankan koin dan koin itu jatuh di hadapan seorang temannya. Temannya itu diam sesaat, kemudian ia memungut koin itu dan memasukkannya ke saku bajunya. Pekerja itu kemudian melemparkan kembali sebuah koin dengan nilai yang lebih besar. Lagi-lagi temannya hanya memungut koin tersebut dan memasukkannya ke saku baju tanpa melihat ke atas sedikit pun.

Pekerja lalu melemparkan batu berukuran kecil. Tak ! Batu itu tepat mengenai kepala  temannya. Temannya lalu dengan refleks mengelus-ngelus kepalanya yang sakit, dan memandang ke atas. Melihat temannya yang terlihat hendak marah begitu menyadari bahwa dialah si pelempar batu tersebut, pekerja itu lantas melemparkan sebuah batu kecil yang dibungkus oleh kertas ke hadapan temannya. Temannya memungut batu itu, kemudian membuka kertas yang membungkusnya, "Terkadang manusia perlu sedikit teguran agar tidak lupa untuk mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan"   

Ya. Suka tidak suka, di akui atau tidak, kerapkali begitulah diri kita. Ketika Tuhan memberi kita begitu banyak kesenangan, limpahan kenikmatan, kita justru lupa untuk bersyukur. Kita terlalu angkuh menyadari bahwa semua yang kita peroleh semata-mata adalah pemberian Tuhan. Kita pun lalai dari megingat Tuhan, dan tenggelam dalam kekufuran. Tapi ketika gelap menjadi satu-satunya warna kehidupan, kesusahan mengintai, kita merasa kekurangan, kesempitan, kecewa dan putus asa, barulah kita sadar bahwa sesungguhnya kita masih membutuhkan Tuhan. Kita lalu menghiba-hiba menadahkan tangan memohon pertolongan. Kita pun bertanya-tanya, dimanakah gerangan Tuhan bisa di temukan ? Alangkah tidak adil dan tidak tahu malunya kita.



*Cerita inspirasi, pernah kubaca entah di mana.
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


1 comment:

  1. sangat inspiratif, mohon ijin mengutip ntar ya..sharing ama yang laen..makasih...salam

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)