Monday, May 16, 2011

Dengan Blog, Yuk Ekspresikan Dirimu !

Belakangan, para pengamat IT menyatakan bahwa kehadiran jejaring sosial semacam facebook dan twitter membuat peminat blog menjadi semakin menurun. Tapi menurut saya, pendapat ini tidak sepenuhnya benar.  Buktinya, banyak lho, teman-teman di facebook dan twitter yang update statusnya berupa link tulisan di blognya. Artinya, sekali pun mereka sudah menjadi  aktivis di jejaring sosial, mereka tetap tidak meninggalkan aktivitasnya sebagai blogger.

Bagi saya sendiri, posisi blog tidak bisa digantikan dengan kehadiran jejaring sosial semacam facebook, twitter, koprol, friendster atau lainnya.  Hal ini dikarenakan beberapa hal yang saya pikir masih lebih didominasi oleh blog:

Pertama, blog bisa menjadi wahana efektif untuk berlatih menulis. Berbeda dengan jejaring sosial, di blog kita dituntut untuk bisa mengembangkan suatu gagasan menjadi sebuah karangan yang menarik. Misalnya, ketika di jejaring sosial seseorang menulis status dengan kata “lapar”. Sementara di blog, kata lapar bisa berkembang menjadi sebuah tulisan yang panjang, enak dibaca, dan biasanya sarat akan pesan-pesan, seperti,”Hari ini saya pergi ke sekolah dengan perut lapar. Salah saya sendiri, saya bangun kesiangan sehingga saya tidak sempat sarapan.  Akibatnya, saya tidak konsen belajar, kepala pusing, perut pun terasa mual. ‘Krucuk..krucuk…’ terdengar teriakan perut saya yang keroncongan. Duh.., gak lagi-lagi dech pergi ke sekolah tanpa sarapan…”

Kedua, blog memiliki nilai lebih dalam hal estetika ketimbang jejaring sosial. Di blog, kita bisa berkreasi dengan pernak-pernik seperti chat box, animasi, gambar, jam pengingat waktu dan sebagainya sehingga blog terlihat lebih menginspirasi, indah dan bikin betah. Selain itu, blog terkadang bisa mencerminkan bagaimana si pemiliknya, lho. Ibarat rumah, jika pemiliknya adalah seorang yang rajin, senang akan keindahan, maka rumahnya pasti akan terlihat bersih dan tertata rapi. Sebaliknya jika pemiliknya adalah orang yang tidak peduli dengan kondisi rumahnya, tentulah akan terlihat semrawut dan tidak terawat.

Ketiga, blog  memberi  kita kemudahan untuk mendapatkan beragam informasi yang kita butuhkan. Dulu waktu masih kuliah, saya pernah mengalami kesulitan mendapatkan beberapa rujukan untuk skripsi saya. Sudah capek ngubek-ngubek di perpus  dan gedung referensi, tapi tetap tidak ketemu juga. Akhirnya, saya pun memutuskan untuk menjadikan mesin pencari mbah Google sebagai solusi. Ahamdulillah, tanpa harus bersusah payah saya berhasil menemukan rujukan skripsi saya di beberapa blog yang sudah terdaftar di mesin pencari mbah Google.  Lebih efektif dan efisien, bukan ?

Keempat, blog ternyata juga bisa menghasilkan uang ! (wah, yang bener ?!) Beneran ! Contohnya nich, saya punya seorang teman, dia berkeinginan  membuka toko baju, tapi sayang dia tidak memiliki modal yang cukup. Namun akhirnya, dengan hanya bermodalkan  sebuah blog gratis, dia pun memulai bisnis toko baju online dengan cara pre order. Artinya, ketika ada pemesan yang ingin membeli baju yang dipajang di toko onlinenya, maka dia mengontak toko baju yang menjadi linknya, bila barang tersedia, maka transaksi pun berlanjut. Hasilnya?? Wah, jangan ditanya, ngalir teruuuuuss, dia bahkan punya pelanggan dari seluruh penjuru Indonesia !. Wuiihhh, hebring yaaa… ^____^

Terakhir…, ada kabar gembira nich… Sebagai salah satu bentuk penghargaan buat para blogger,  ada Blogger Return Contest loch ! Contest yang diadakan oleh mbak Anazkia dan disponsori oleh denaihati ini mengangkat tema “Blogger Nggak Cuma Ngeblog”. Wuiihh.., pastinya seru tuh ! Makanya, buruan ikutan dan ekspresikan dirimu !

Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


6 comments:

  1. Makasih yah partisipasinya :)

    ReplyDelete
  2. wach..seepp seppp...good luck, brader...semangat...

    ReplyDelete
  3. love this post. AYO NGEBLOG !!!!

    ReplyDelete
  4. Semagat..
    Ngeblog luar biasa...
    salam kenal...
    moga menang ya..

    ReplyDelete
  5. Benar, blog tidak bisa dibandingkan dg twitter dan fb. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya.

    ReplyDelete
  6. All, makasih untuk kunjungan n motivasinya :)
    Semangat berbagi, semangat menginspirasi. Salam blogger ! ^____^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)