Sunday, August 12, 2012

Batik? Oye!

Aneka produk batik. Gambar diunduh
dari Google kecuali yang tengah :D
Awalnya, aku nggak suka pakai baju batik. Alasannya, produk batik yang kukenal pertama kali adalah berupa sarung! Wew…. Sarung mbahku pula :p Jadi wajar, tho, kalo aku nggak mau pakai baju batik (baca: baju sarung)? Hehehe… :) Selain sarung, ada juga yang berupa kain panjang. Biasanya dipakai oleh ibu-ibu di kampungku untuk menggendong bayinya, weleh-weleh…. Belum lagi cerita batik yang katanya luntur kalo dicuci, jadi bikin aku tambah emoh pakai batik :D


Tapi semua berubah, sejak aku diajak suamiku jalan-jalan ke sebuah wisata pantai di Banten. Do you know? Salah satu souvenir di sana adalah aneka pakaian batik yang bertuliskan nama pantai tersebut. Wuiiihh, cantiknye bajuuuuuu…. Modelnya macam-macam lagi. Warna dan coraknya juga sangat sedap dilihat. Widiiih… Langsung deh, ni mata bling-bling ngeliatnya, hihi…. Selain pakaian, ternyata ada lagi produk batik yang lain, lho. Seperti tas, dompet, sepatu, wayang, topeng, gelang, kipas, guci, bahkan alat-alat dapur seperti mangkok, gelas dan piring! Waaww, keren, ya! :)

Sejak saat itu, aku pun mulai menyukai batik, terutama yang produk pakaian. Maklum, produk yang satu ini paling akrab dengan kegiatan sehari-hari. Baju batik sendiri memiliki beberapa kelebihan. Di antaranya nyaman dipakai,  adem, dan menyerap keringat. Selain itu, coraknya yang beragam memungkinkan kita untuk bisa memilih sesuai dengan keinginan kita. Bahkan kalau mau, kita juga bisa memesan corak batik yang kita inginkan. Jadi dijamin dong, nggak ada yang nyamain alias limited edition. Mantap… :)

Harga baju batik sendiri sangat variatif. Mulai dari yang murah, sampai yang muahaaaal…. Membelinya pun bisa dengan berbagai cara. Bisa dengan mendatangi pasar tradisional, mall, butik, atau kalau nggak mau capek, bisa via online. Jaman sekarang, sudah banyak sekali toko batik online yang bertebaran. Belanjanya juga asyik, lo. Kita bisa melototin produk-produk di toko online sampe puas, tanpa takut ditanya-tanya sama penjual atau pun SPG nya, hehe… Terus kalo nggak suka, kita tinggal tutup tab dan browsing di toko online yang lain. Gampang, kan? ;)

Di antara toko batik online yang bisa dijadikan alternatif untuk membeli baju batik secara online adalah Batik Rg. Rg merupakan singkatan dari Rozaqtana Grosir. Katagori produk yang ada di Batik Rg lumayan banyak. Di antaranya ada batik bola, batik couple, hem, sarimbit gamis, dan smock.  Cara memesan produk di Batik Rg juga gampang. Pembeli tinggal mengirimkan sms dengan format kode batik, size, nama dan alamat lengkap. Duh, saya yang sekarang sedang membuka halaman Batik Rg, dibikin mupeng abiiiis ngeliat produk-produknya. Pingin beliin hem lebaran buat suami *ngayal ada yang ngasih gratisan :D

Beruntung saat ini Batik Rg menjadi sponsor di Giveaway yang diadakan sama empunya Catatan Akhir Pekan, Mas Muhammad Furqan Abdulllah. Katagori Giveawaynya ada dua, yaitu menulis artikel dengan tema “Aku Cinta Batik Indonesia”  dan posting foto dengan tema yang sama. Yuhuuu, seneng banget! Apalagi hadiahnya adalah baju batik produk Batik Rg, untuk tiga orang pemenang kategori artikel dan dua untuk kategori foto. Bismillah, mudah-mudahan menang, euy! Supaya dapet batik dan bisa mengekspresikan cinta pada batik Indonesia ;)  

Postingan ini diikutsertakan dalam 
Giveaway Catatan Akhir Pekan dengan Tema
"Aku Cinta Batik Indonesia"
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


12 comments:

  1. wah,pengeeen ikutan nih secara aku pecinta batik:)

    ReplyDelete
  2. aq dulu pernah ikutan lomba nulis ttg batik di blogfam.. ikut lagi ah, msh punya stok crt ttg batik ^^
    gutlak ya mbak izzah.. folbek mi ya :D

    ReplyDelete
  3. Kan Tambah Anggun kalo pake batik... hehehe :)

    Terima kasih telah berpatisipasi di GA Catatan Akhir Pekan "Aku Cinta Batik Indonesia"

    ReplyDelete
  4. Hayo, Mbak Eni Martini, kerahkan kemampuanmu! ^^

    ReplyDelete
  5. Makasih, Mbak Binta. Ayok ikutan :)
    Ok, I folbek You, ya ;)

    ReplyDelete
  6. Oyi, Mas MF-Abdullah, apalagi kalo pakai bati Rg ;)

    ReplyDelete
  7. Heheheh kalau dulu batik di sarung ajah yaa bu, sekarang macem2 juga udah di batik, seneng deh pake batik bangga pake nya :D

    ReplyDelete
  8. Ho oh, Mbak Niar. Malah sekarang udah jadi trend mode :)

    ReplyDelete
  9. Emang batik itu kerenn banget :D

    SALAM JUANG MELESTARIKAN BATIK dari GRIYA DINA :D
    http://pradinacweet.blogdetik.com/

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)