Wednesday, August 14, 2013

Ikut Kuis, Solusi Mendapatkan Buku Gratis

Alhamdulillah, pagi-pagi sudah dapat kabar gembira dari Pakde Cholik, pemilik blog BlogCamp. Ya, untuk pertama kalinya saya memenangkan kuis yang diadakan oleh Pakde. Senang banget rasanya. Apalagi buku hadiahnya berkaitan dengan teori kepenulisan. Mantap.... Makasih ya, Pakde, untuk kuisnya :)

Sebagai seorang yang hobi membaca, saya memang belum bisa mengalokasikan budget khusus untuk membeli buku secara rutin. Maka untuk memenuhi minat baca yang besar itulah, saya pun mencari akal agar bisa membaca atau pun mendapatkan buku secara gratisan. Di antaranya adalah dengan mengikuti kuis berhadiah buku. Alhamdulillah, sebagian besar koleksi buku di rumah saya dapatkan secara gratis melalui kuis.

Lalu, apakah setiap kuis berhadiah buku gratis selalu saya ikuti? Tentu tidak. Biar pun di sebuah grup saya dijuluki Ratu Kuis, saya tetap milih-milih ikut kuis.  Saya lihat dulu buku hadiahnya. Menarikkah? Bisakah? Serukah? Atau, jangan-jangan saya sudah punya? Pastinya yang menjadi prioritas saya adalah buku-buku teori menulis dan juga cerita anak. Karena memang passion saya adalah menulis cerita anak :)

Oh, iya, sebelum memutuskan mengikuti kuis, saya juga mempertimbangkan tingkat kesulitan kuis dan buku yang menjadi hadiahnya. Termasuk syarat-syaratnya. Jangan sampai, ide dan usaha yang saya keluarkan tidak seimbang dengan apa yang saya dapatkan *hukum ekonomi :D

Berikut tips mengikuti kuis ala saya:

  1. Kenali dulu karakteristik kuisnya. Penuhi syarat-syaratnya. Jangan sampai keikutsertaan kita mental cuma gara-gara ada satu syarat yang tidak terpenuhi.
  2. Pertajam insting. Coba diterawang, kira-kira apa sih, yang dimaui si pembuat kuis. 
  3. Serius. Sediakan waktu khusus untuk mengikuti kuis tersebut. Kerahkan seluruh kemampuan, sekuat tenaga, sepenuh jiwa.
  4. Berdoa. Karena bagaimana pun kuatnya usaha, hanya Allah penentu hasilnya.
  5. Pantengin terus kuisnya. Nggak lucu kan, dinyatakan menang, tapi kemudian hangus gara-gara nggak nongol-nongol pas pengumuman.

Nah, buat kalian yang suka buku dan pengen dapet buku gratis, yok, jangan ragu ikutan kuis! ;)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


16 comments:

  1. selamat ya.. oh iya.. kalau pameran buku.. kadang-kadang ada juga buku-buku gratisnya :)

    ReplyDelete
  2. Makasih... Oh, iya? Wah, dicatet deh, kalo gitu ;)

    ReplyDelete
  3. Senang ya kalau dapat hadiah buku yang kita senangi, selamat ya...

    ReplyDelete
  4. Saya ikut kuis kalau bisa dan senang saja tanpa memedulikan hadiah. Pernah dapat pulsa 20 rb, ya disyukuri saja.
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  5. Iya, bener, Pakde. Kalo seneng dan bisa, kita enjoy ikutnya. Waktu ikut kuis Pakde saya juga nggak mikir hadiahnya. Dan nggak tau bakal dapet buku apa. Tapi karena kuisnya menantang dan seru menurut saya, ya, asik aja ngikutinnya :)

    ReplyDelete
  6. mulai hari ini, ku panggil mbak izzah Cikgu... Ajari daku agar elalu konsisten dan selalu menang kuis ya cikgu... terutama jurus seribu bayangan dalam menjawab kuis.., jurus seribu mata di rak gramed juga ingin saya pelajari :3 mohon bimbingannya ya cikgu..

    ReplyDelete
  7. Hihihi, serasa jadi suhu Shifu nya Kungfu Panda :D

    ReplyDelete
  8. salam kenal...
    bener bangettt,itulah bonusnya ngeblog hehehe

    ReplyDelete
  9. Salam kenal, Mbak Hana. Iya, alhamdulillah :)

    ReplyDelete
  10. jarang menang kalau ikutan kuis... baru 2 kali menang selama ikut lomba di pba...hihihihi

    ReplyDelete
  11. Jiaaah, berarti kalo mau cari info lomba, bisa intip di blog Mbak Jiah, yaaa... ;)

    ReplyDelete
  12. Semangat, Uni. Mungkin jurusnya aja yang belum pas. Coba lagi :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih ya atas saran-sarannya..

    ReplyDelete
  14. Sama-sama, Mbak Mei. Terimakasih sudah berkunjung :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)