Friday, July 10, 2015

Cara Mengirim Naskah Dongeng Ke Majalah Bobo

Hai, Sobat Jejak. Masih semangat menjalankan ibadah puasa? Semoga selalu diberikan kelancaran dalam menjalankannya, ya.

Oh, iya, sudah berapa banyak tulisan yang dihasilkan selama liburan? Mau mencoba mengirim naskah ke Majalah Bobo? Nah, kali ini saya ingin berbagi cara mengirim naskah dongeng atau cerita anak ke Majalah Bobo. Yuk, kita simak :)

Pertama, Sobat Jejak tulis naskah dongeng atau cerita anak sejumlah kurang lebih 600 kata untuk space dua halaman majalah, dan 300 kata untuk space 1 halaman.

Ke dua, lengkapi dengan data diri kita seperti: nama lengkap, alamat, HP, nomor KTP, nomor rekening, dan nomor NPWP jika ada, pada bagian bawah naskah.

Ke tiga, Sobat Jejak kirim deh, naskahnya ke majalah Bobo. Dengan catatan, naskahnya sudah diendapkan atau diself editing sebelumnya, ya. Biar naskahnya makin cantik dan bikin editor tertarik :)

Bagaimana cara mengirimnya?

Mudah kok, Sobat Jejak. Bisa via pos, bisa juga via email. Saya sendiri lebih suka via email. Lebih praktis. Sobat tinggal attachment naskah Sobat ke email Bobo: naskahbobo@gramedia-majalah.com. Jangan lupa untuk menulis sedikit pengantar di badan email, ya. Sekadar memberitahu bahwa kamu mengirim naskah apa berjudul apa.

Kalau sudah mengirim naskah, berapa lama dimuatnya?

Jangka waktu naskah dimuat sejak pengiriman beraneka ragam. Berdasarkan pengalaman saya, berkisar antara 2 sampai 8 bulan. Pastinya harus sabar. Karena ada yang bahkan baru dimuat setelah setahun atau lebih. Intinya terus berkarya saja. Bikin naskah, kirim, lupakan. Buat lagi yang lain, kirim, lupakan. Begitu seterusnya. Selain itu, jangan lupa membuat list naskah yang sudah dikirim ya, Sobat. Untuk menghindari pengiriman ganda ke redaksi majalah atau media yang berbeda. Secara etika, itu tidak dibenarkan dan sebaiknya dihindari.

Ok, Sobat Jejak. Selamat berkarya dan semoga beruntung, ya. Semangat! :)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


5 comments:

  1. ini yang saya cari! saya penggemar Bobo sedari kecil dan saya berkeinginan manjadi bagiannya waktu uda gede. Trims infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sama dong... Saya juga penggemar Bobo sejak kecil. Ok. Selamat mengirim dan semoga dimuat, ya :)

      Delete
  2. Maaf ka mau nanya, kalo karya kita yang kita kirim terbit atau enggaknya ada konfirmasinya gak sama kita?

    ReplyDelete
  3. Tidak ada. Hanya saja, biasanya redaksi akan menghubungi via email untuk minta kelengkapan data. Itu pun jika data kita kurang lengkap. Misal belum mencantumkan nomor rekening, dsb. Bila ingin menanyakan langsung mengenai dimuatnya naskah pada redaksi, boleh juga. Namun sebaiknya menunggu dulu paling tidak enam bulan, karena antrean naskah di Bobo yang memang cukup panjang.

    ReplyDelete
  4. wah mak, terimakasih ya sharingnya. kebetulan aku juga pen banget tulisan bisa dimuat di media. tapi belum ada nyali nih :(

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)