Tuesday, July 28, 2015

Cara Mewujudkan Mimpi

Sobat Jejak, saya percaya bahwa kita semua pasti punya mimpi. Mimpi yang bukan sekadar bunga tidur, melainkan hal yang ingin kita capai dalam hidup.

Penting bagi kita untuk memiliki mimpi, Sobat. Sebab mimpi bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat. Mimpi menjadikan kita sosok yang tidak mudah menyerah. Mimpi  membuat kita kreatif, tak letih berinovasi untuk mewujudkannya. Mimpi juga memberi kita harapan dan mampu mengukir senyuman dalam segala keadaan.

Di antara kita, mungkin ada yang bermimpi menjadi penulis yang karyanya menginspirasi pembaca, lalu best seller dan dicetak ulang berkali kali, lalu diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Atau mimpi kuliah lagi, punya mobil, jadi orang sukses dan kaya raya, bikin lapangan pekerjaan, mimpi keliling dunia, haji dan umroh, hafal Quran dan masuk surga.

Ok, ok, saya ngaku. Itu semua adalah mimpi saya, hehehe.... :D

Intinya, selama positif, kita boleh punya mimpi apa saja. Bebas. Mau mimpi setinggi langit pun, boleh. Asal jangan kau petik bulan dan bintangnya ya, Sobat. Kasihan, nanti langitnya jadi gelap :p

Permasalahannya, Sobat. Semua mimpi itu, yang setinggi langit itu, bagaimana mencapainya? Bagaimana cara mewujudkannya?

Tenang, Sobat. Akan saya beritahu. Saat ini saya sedang menerapkannya. Soal bagaimana tingkat keberhasilannya, kita coba buktikan bersama sama.  Nanti kalau mimpi kita berhasil terwujud, kita ngobrol lagi bareng di postingan ini, ok? ;)

Caranya adalah...

Kaki ini sedang menapaki jalan menuju mimpi :)

Yang pertama dan paliiiiing utama: BANGUN.

Yup. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mewujudkan mimpi adalah bangun, Sobat. Bangun di sini dalam artian nggak cuma ingin begini ingin begitu dan berharap semuanya bisa terkabulkan hanya dengan kantong ajaib Doraemon. Sadarkan diri bahwa kita harus melakukan sesuatu untuk mewujudkan mimpi itu.

Yang ke dua, IHTIAR, Sobat. Usaha.

Dalam Alquran Surat Ar Ra'du ayat 11 Allah berfirman, bahwa Ia tidak akan mengubah nasib kita sebelum kita sendiri yang mengubahnya. Artinya, Sobat, kita harus melakukan usaha untuk mewujudkan mimpi kita. Sebab tanpa usaha, berarti kita telah membiarkan mimpi itu tetap menjadi bunga tidur yang hanya menghasilkan iler di atas bantal. Hiiiyy....

Yang ke tiga, SEDEKAH.
Sobat. Tanpa disadari, kita pasti pernah atau sering merasakan keajaiban dari sedekah. Pun banyak testimoni orang yang berhasil meraih kesuksesan dengan cara bersedekah. Maka tak diragukan lagi, Sobat, bahwa sedekah juga bisa menjadi cara untuk mewujudkan mimpi kita.

Yang ke empat, DOA.

Tak dipungkiri, bahwa doa adalah rangkaian kalimat indah yang ampuh untuk merayu Allah. Lewat doa, kita bisa memohon agar Allah memberi kemudahan, kesehatan, dan kesempatan untuk mewujudkan mimpi. Allah pun berjanji dalam Qurat surat Al Baqarah ayat 186, bahwa Ia akan mengabulkan doa kita. Tapi dengan syarat: kita beriman dan senantiasa dalam ketaatan.

Bismillah ya, Sobat. Semoga kita bisa mewujudkan mimpi kita, aamiin :)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


4 comments:

  1. Ternyata ... Uni lupa. Ngerjain bagian doa, sedekah dan ihtiar, tapi uni lupa bangun dari mimpi uni.

    Makasih sudah mengingatkan... Nice writing, izzah... (Y)

    ReplyDelete
  2. sedekah.. ini yang suka kelupaan :( terima kasih ya sudah mengingatkan..

    ReplyDelete
  3. Sama2, Uni Dian Iskandar. Alhamdulillah kalau tulisan ini bermanfaat. :)

    ReplyDelete
  4. Sama2, Mbak Pipit. Sama, Mbak. Saya juga sedang belajar membiasakan diri dengan yang satu itu. Bukan cuma di waktu lapang, tapi juga di saat sempit :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)