Friday, July 3, 2015

Traveloka, Booking Tiket Pesawat Semudah Mengedipkan Mata

Hai, Sobat Jejak. Apa kabar? Hehe, sapaan baru buat pembaca blog jejakharianku ;)

Kali ini, saya ingin mencoba berbagi sedikit informasi serta pengalaman saat membeli tiket pesawat online melalui Traveloka.

Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu saya dan keluarga mau pulang ke Bandarlampung dari Medan. Kebetulan, di daerah tempat saudara yang kami kunjungi, lumayan susah mencari tempat penjualan tiket pesawat. Kalau pun ada, aduh, mahal kali pun. Sobek kantong awak membelinya, hehe.... Mana waktunya sangat mepet. Rencana pulang malam Selasa, eeeh, sampai Ahad sore tiket belum juga didapat. Mana anak saya, Syahid, lagi demam pula, jadi nggak bisa ke mana mana. Onde mande Thursday... *eh?

Di tengah keriwehan itu, mendadak saya teringat Traveloka.
"Pak, coba beli tiketnya di Traveloka," usul saya, pada suami.
"Oh, iya, bener juga!" Sigap suami membuka browser di layar HPnya. Beruntung, koneksi internet lumayan lancar. Sehingga tidak ada kesulitan sedikit pun saat membuka web Traveloka.

Tak lama kemudian, suami menyerahkan lembaran tiket yang sudah diprint. Wow! Cepat sekali! Pikir saya. Lebih wow lagi saat melihat total harga tiketnya. Wiiiih, murah buangeeet.... Jauh lebih murah ketimbang beli di agen tour dan travel atau beli langsung di bandara. Alhamdulillah.... Terimakasih ya, Traveloka :)

Eh, tapi, ngomong ngomong, Traveloka itu apaan, sih?

Menurut Wikipedia, Traveloka adalah sebuah perusahaan yang menyediakan layanan tiket pesawat dan hotel secara online. Informasi mengenai Traveloka ini sendiri saya dapat dari seorang teman yang tinggal di Jogja, sesaat sebelum berangkat ke Medan. Kata teman saya, membeli tiket via Traveloka sangat mudah dan lebih murah. Tapi berhubung belum pernah, saya agak ragu waktu itu. Hingga saya pun memutuskan membeli tiket ke Medan lewat  agen Tour dan Travel di kota saya. Itu pun pake nyasar nyasar dulu baru ketemu kantornya. Hu, hu.... Kalau tahu belinya beneran lebih mudah dan murah begini, mending saya beli di Traveloka waktu itu, ya....

Nah, kalau sobat jejak tertarik menggunakan layanan Traveloka, ada baiknya sobat memasang aplikasinya di HP. Gratis.... Tinggal download di Google Play, jadi deh... Sobat juga bisa like laman Facebook Traveloka untuk mengikuti update terbarunya. Termasuk info info tiket promo, ehem...  ;)

Jika Sobat Jejak ingin membeli atau sekadar mengetahui informasi harga tiket di Traveloka, Sobat tinggal klik icon aplikasi Traveloka di HP, dan ikuti tahap tahapnya. Bila Sobat melakukan pembelian tiket,  pihak Traveloka akan mengirimkan e tiketnya ke email setelah Sobat melakukan pembayaran. Selanjutnya, e tiket itu Sobat print untuk dibawa dan ditukar dengan tiket pesawat saat di bandara. Jangan khawatir jika tidak ada printer. Karena tiket tetap bisa Sobat dapat hanya dengan menunjukkan kode booking yang tertera pada e tiket yang Sobat terima dari Traveloka. Bagaimana? Mudah, bukan?

Aplikasi Traveloka yang bisa Sobat unduh di Google Play. 
Aplikasi Traveloka di HP saya. Bikin latah pingin bolak balik buka dan cek harga tiket ke berbagai tujuan. Nggak cuma tujuan tempat di Indonesia, tapi luar negeri juga! Oh, no... 
Halaman pencarian tiket pesawat. Tinggal masukkan data yang diminta. Klik Cari Tiket. 
Contoh hasil pencarian tiket. Ada banyak pilihan maskapai, beserta informasi harga tiketnya. 

Untuk proses pembayaran, Traveloka memberikan kemudahan dengan melayani pembelian tiket melalui berbagai metode seperti transfer dari mesin ATM, Internet Banking, SMS Banking, maupun Teller Bank.

Oh, iya, Sobat Jejak. Selain menjual tiket pesawat, Traveloka juga menyediakan tiket hotel di berbagai kota atau provinsi di seluruh Indonesia. Jadi, tidak perlu khawatir soal tempat menginap ya, Sobat.  Tinggal booking tiket hotel yang terdekat dengan tempat tujuan. Harganya pun beraneka ragam. Dari yang super mahal, sampe yang muraaaah ala idaman para backpacker. Wah, wah... Makin dimanja aja nih, sama Traveloka :)

Halaman pencarian tiket hotel. 
Contoh hasil pencarian tiket hotel. 
Hasil pencarian hotel berdasarkan urutan termurah. 
Ok, Sobat Jejak. Segitu dulu cerita pengalaman saya beserta sedikit info tentang Traveloka. Selamat mencoba. Semoga perjalanan Sobat Jejak semakin mudah dan menyenangkan ;)

Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


3 comments:

  1. iya saat ini banyak sekali kok aplikasi yang memudahkan kita untuk booking pesawat secara online

    ReplyDelete
  2. Iya, alhamdulillah. Sekarang apa2 jadi lebih mudah :)

    ReplyDelete
  3. You can now comprehend why booking an occasion on the web is so natural to do. It is presently one of the quickest developing divisions of the occasion booking market.Villa Sanyanga in Phuket

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)