Tuesday, September 15, 2015

Menulis di HP, Kenapa Tidak?

Sebagian penulis mengeluhkan sedikitnya waktu untuk mengeksekusi ide tulisannya. Termasuk saya, kadang kadang, he... Entah itu karena kesibukan, atau kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk menulis di depan komputer. Misalnya saya, yang beberapa waktu lalu terserang nyeri punggung hebat, sehingga sulit sekali untuk duduk dan menulis di laptop.

Akan tetapi, jika sedikit mau menyiasati, sebenarnya banyak hal bisa diupayakan untuk mengatasi hal ini. Saya beri contoh. Suatu hari, sambil rebahan, jari saya mengetik status di laman Facebook menggunakan ponsel. Status yang saya buat panjang. Tentang kondisi saya yang sedang nyeri punggung plus masuk angin. Bila dihitung hitung, mungkin hampir dua halaman.

Hei! Bukankah itu sudah serupa tulisan non fiksi yang bila diolah bahkan bisa dikirim ke majalah?

Artinya, Sobat, ketika seorang penulis bisa menulis status amat panjang lewat ponselnya mengenai sedikitnya waktu untuk menulis, bukankah sebenarnya saat itu ia telah memiliki waktu untuk menulis? Apalagi jika statusnya tidak hanya satu dalam sehari. Dua, misalnya, atau bahkan tiga. Bayangkan. Jika yang ditulis itu adalah naskah Gado2 Femina, cerita anak, atau dongeng singkat satu halaman, atau sekadar postingan singkat yang kemudian dijadikan postingan di blog. Waaaah... Luar biasa, bukan?

Wah, iya juga, ya.....

Hehehe, saya juga baru nyadar :p

Nah.... Ternyata banyak jalan yang bisa kita lakukan untuk tetap menulis ya, Sobat.  Jadi, bukan kesibukan dan keadaan yang sesungguhnya membuat target menulis terkadang tidak tercapai, melainkan rasa malas. Yah.... Kemalasan lah yang acap kali membuat kita menciptakan deretan alasan sebagai upaya pemakluman. Sibuk lah, capek lah, ngantuk lah, dan lah lah yang lain. Padahal kalau sedang tidak malas, mau sibuk kek, capek kek, ngantuk kek, dan kek kek yang lain, tetap tarik Maaaang..... ;)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)