Friday, October 9, 2015

10 Cara Mencari Ide Cerita

Umumnya, keluhan seorang penulis pemula adalah sulitnya mencari ide cerita. Menurut saya itu adalah hal yang wajar. Jangan khawatir. Apalagi putus asa. Sebab keluhan itu akan berkurang dan bahkan teratasi dengan semakin banyaknya jam terbang menulis.

Nah, berikut saya rangkum cara-cara yang pernah saya terapkan untuk mencari ide cerita.

1. Mengingat kenangan masa kecil
Setiap kita pasti pernah mengalami masa kecil. Banyak pengalaman yang kita lalui saat itu. Baik menyenangkan, menyedihkan,  menyebalkan, mengecewakan, menakutkan, ataupun memalukan. Semua pengalaman itu bisa dijadikan ide cerita.

2. Melihat gambar atau ilustrasi cerita anak
Melihat gambar atau ilustrasi cerita anak yang banyak terdapat di internet juga bisa mendatangkan ide cerita. Cara ini cukup sering saya lakukan. Biasanya, ide-ide akan segera berdatangan dan bahkan berdesakan di kepala.

3. Mengamati tingkah polah anak-anak
Tingkah polah anak tak ada habisnya. Tak sedikit yang justru menjadi sebuah pembelajaran bagi kita, orang dewasa. Dengan mengamatinya, kita akan mendapatkan banyak sekali ide cerita.

4. Mengamati sifat dan tingkah laku orang dewasa
Pernah melihat seorang ibu yang nawaaar melulu saat belanja? Lalu tidak jadi beli? Atau teman yang sedikit-sedikit membicarakan keburukan orang lain seolah-olah dirinya adalah makhluk tanpa cela? Percayalah. Itu semua bisa menjadi ide cerita.

5. Berpikir di luar yang biasa dipikirkan.
Melatih diri untuk memikirkan sesuatu di luar yang biasa dipikirkan juga ampuh mendatangkan ide cerita. Contoh simpelnya begini. Berpikir bahwa sebutir garam memiliki rasa yang asin adalah hal biasa. Tapi, memikirkan bahwa sebutir garam berkeinginan menjadi manis seperti gula, itu tidak biasa.

6. Membaca buku
Poin ini sangat jelas dan tidak perlu saya bahas. Intinya, semakin banyak membaca, semakin banyak pula ide cerita.

7. Menonton film anak
Selain menjadi salah satu alternatif hiburan yang merefresh otak, menonton film anak juga ampuh mendatangkan ide-ide cerita. Oh, iya. Saat melihat film anak, saya sering membayangkan bagaimana jika dinarasikan dalam tulisan. Nah. Dari situ sekaligus kita bisa belajar membuat deskripsi yang bisa membuat pembaca bisa dengan jelas membayangkan suasana di dalam tulisan kita. Tak ubahnya seperti menonton film.

8. Bermain atau mempelajari game anak
Jujur ini jarang saya lakukan karena saya tidak suka game. Tapi percayalah, game juga bisa mendatangkan ide-ide cerita. Bisa tentang anak yang terlalu banyak main game hingga lalai belajar, dan seterusnya.

9. Tidur dan bermimpi
Hahaha... Ini kedengarannya sedikit konyol. Tapi nyatanya, saya pernah mengalaminya. Ide saya dapatkan dari mimpi, bahkan dengan alur yang sangat jelas dari awal hingga akhir.

10. Men-twist cerita yang sudah ada.
Dengan melakukan twist, kita bisa membuat satu atau banyak cerita baru. Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan twist, Sobat bisa membaca contohnya dalam dongeng saya yang merupakan twist dari kisah Cinderella.

Selamat mencoba :)


Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


10 comments:

  1. iya juga ya,kadang kalo ada tingkah laku tetangga yang gimana gitu,jadi terinspirasi..jadilah sebuah ide

    ReplyDelete
  2. NOMOR 5 Dan 10 akan sy coba.
    Terima kasih tipsnya Jeng
    Salam hangat dari Jombang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip... Selamat mencoba, Pakde. Salam hormat dari Lampung :)

      Delete
  3. Bikin cerita anak itu susah banget menurutku tapi boleh deh isenya dicoba.
    Thanks for sharing

    ReplyDelete
  4. Yuk, Mom, dicoba lagi. Siapa tau jadi lebih mudah ;)

    ReplyDelete
  5. Kalo saya ada cerita nyata dan pendukung teori itu udah okelah buat nentuin ide. hihi...tiap orang beda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Bener banget, Mbak. Ada banyak cara untuk mendapatkan ide cerita :)

      Delete
  6. memang kadang kegiatan sehari-hari itu bisa banget jadi ide tulisan atau cerita :)

    ReplyDelete
  7. Banget. Malah lebih gampang nulisnya karena sudah dialami :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)