Saturday, October 31, 2015

Pak Raden Tutup Usia

Waktu kecil, saya sangat suka film anak Si Unyil. Biasanya, saya menonton film itu seraya menikmati es ketan hitam yang dibeli ibu di Pasar Minggu.

Unyil dkk karya Pak Raden. Sumber gambar: Facebook Pak Raden.

Film dan karakter di film Si Unyil sangat hidup dalam ingatan saya. Si Unyil, Melani, Pak Ogah, Bu Bariah yang bok aboknya sering saya tirukan, juga Pak Raden dengan kumis dan suara menghentak-hentaknya yang khas.

Lama tak kelihatan, Si Unyil dan kawan-kawan kembali muncul dalam acara Laptop Si Unyil yang ditayangkan di Trans 7.

Pak Raden, pencipta karakter Si Unyil. Sumber foto: Facebook Pak Raden.

Malam ini, saya mendapat kabar bahwa Pak Raden, pencipta tokoh Si Unyil dkk meninggal dunia. Sosok yang tanggal 27 lalu mengunggah foto rumah barunya yang dihadiahi tim Silet di Facebook ini, meninggal tak lama setelah diberitakan dirawat di RS. Pelni Jakarta.

Sebelum meninggal, seniman yang bernama asli Suyadi ini sempat membukukan Artbook Gambar Dongeng berisi kumpulan ilustrasi, lukisan, sketsa, drawing, doodle, dan storyboard yang merupakan hasil karya Pak Raden sejak tahun 1963 - 2012.

Artbook Suyadi aka Pak Raden. Sumber foto: Facebook Pak Raden

Selamat jalan, Pak Raden. Jiwa boleh kembali ke haribaan. Raga pada akhirnya hancur dalam kuburan. Namun nama dan karya yang ditinggalkan, akan selalu abadi dalam kenangan.
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)