Friday, December 25, 2015

Kelas Dongeng Rapunzel

Beberapa waktu lalu, tercetus ide berbagi seputar penulisan di Grup Penulis Tangguh. Berbaginya bisa dengan meluangkan waktu misal sehari untuk tanya jawab tentang menulis, atau membuka kelas menulis.

Saya senang berbagi. Jadi, saya pun menyambut antusias ide ini. Tak berlama-lama, saya lalu mengadakan audisi penerimaan peserta yang akan mengikuti kelas menulis bersama saya.

Syarat audisinya tak sulit. Hanya menuliskan cerita anak 100 kata berdasarkan gambar yang saya upload. Syarat lainnya adalah baru mengenal dunia penulisan, khususnya cerita anak. Dengan harapan, jumlah penulis semakin banyak dan berkembang.

Akhirnya, terpilih lah dua peserta, yang saya anggap memenuhi syarat  untuk mengikuti kelas cernak bersama saya. Kelas rencananya akan dibuka selama sebulan, dengan pertemuaan dua kali sepekan. Yaitu malam Sabtu dan Ahad, mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Sore tadi, kelas resmi saya buat. Kelas Dongeng Rapunzel, namanya. Kenapa dongeng? Kok tidak cernak? Alasannya simpel saja. Karena saya suka dongeng. Rencana saya nanti pesertanya tak hanya menulis cernak, tapi juga dongeng.

Sementara itu, kata Rapunzel saya pilih untuk mewakili dongeng itu sendiri. Sebab Rapunzel merupakan tokoh yang sangat dikenal dalam dunia dongeng. Si gadis berambut sangat sangat panjang, yang dikurung penyihir di menara tinggi. Ada cerita dalam setiap helai dan senti rambutnya. Begitu pula harapan saya pada kelas ini nantinya. Menghasilkan cerita-cerita atau dongeng yang indah, seindah rambur Rapunzel :)

Alhamdulillah, telah berjalan dengan lancar pertemuan perdana di kelas. Peserta aktif bertanya dan mengerjakan tugas. Semoga begitu juga dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya. Aamiin.
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)