Friday, January 29, 2016

Duta Infak, Memotivasi Anak Agar Rajin Berinfak

Ada program penobatan duta infak di tempat anak saya, Syahid, sekolah. Program ini dilakukan setiap pekan. Tujuannya untuk memotivasi anak agar rajin  berinfak. Duta dipilih berdasarkan intensitas berinfak, bukan jumlah.

Sebelumnya, anak-anak diberi pemahaman terlebih dahulu akan makna berinfak. Juga tentang niat berinfak. Ikhlas. Jangan sampai berinfak tujuannya hanya sekadar untuk menjadi duta infak.

Mengajari anak untuk berinfak sejak dini sangat penting. Sebab dengan begitu, mereka akan terbiasa melakukannya. Tentu saja proses belajar ini akan lebih efektif jika anak-anak diberitahu manfaat berinfak. Dengan demikian, mereka akan semakin termotivasi untuk berinfak.

Adapun manfaat berinfak di antaranya adalah menyucikan dan menyembuhkan penyakit hati seperti kikir, riya', atau pun kecintaan berlebih terhadap harta. Infak juga bisa menghapuskan dosa-dosa di masa lalu, ibarat air yang memadamkan kobaran api. Infak juga bisa menjadi payung pelindung panas di akhirat, serta menyembuhkan seseorang dari penyakit fisik.

Program duta infak menjadi semacam apresiasi yang memotivasi anak agar semakin gemar berinfak. Alhamdulillah. Semoga membuat anak-anak di sekolah tersebut senantiasa istikomah dalam berinfak. Tentunya infak yang diberikan dengan ikhlas, sehingga mereka tak sekadar menjadi duta infak di dunia, tapi juga kelak di akhirat. Aamiin...
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


2 comments:

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)