Wednesday, January 27, 2016

Pantai Klara, Destinasi Wisata yang Ramah Keluarga

Berkunjung ke Lampung? Jangan lupa mampir ke Pantai Klara, ya. Pantai yang terletak di Kabupaten Pesawaran ini, sangat cocok untuk  dijadikan tempat wisata keluarga. Jangan khawatir jika membawa si kecil. Sebab air di pantai  ini sangat dangkal. Pasirnya halus dan lembut mirip tepung Maizena, dengan debur ombak yang selow kayak emak-emak mengayun anak ;)

Waktu pertama kali mendengar nama pantainya, saya sempat berfikir, Cantik banget namanya. Klara. Ntar kalo punya anak mau dikasih nama Klara, ah... Hehe... Tapi tahukah kalian? Bahwa ternyata nama Klara merupakan singkatan dari Kelapa Rapat. Yup. KELAPA RAPAT. Wah, jadi mikir-mikir lagi deh, ngasih nama anak Klara :D

Sebagian rombongan wisata Masjid Al Huda

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 17 Januari (late post banget, yaaaa...), alhamdulillah saya dan keluarga berkesempatan mengunjungi pantai ini. Lumayan juga untuk mengobati kekecewaan karena tidak bisa jalan-jalan pas liburan. Soalnya waktu itu saya, suami, dan anak sakit bergantian, hiks hiks...


Kali ini kami berwisata bersama rombongan. Rombongan yang sangat besar karena melibatkan para keluarga jamaah Masjid Al Huda di komples kami. Ya. Wisata ini memang dirancang untuk menjalin ukhuwah antar jamaah, serta melakukan rembukan terkait program masjid ke depan.

Narsis sekali-sekali :p

Dari Bandarlampung, perjalanan ke Pantai Klara ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Tak kurang dari 15 mobil Jamaah Masjid Al Huda yang tergabung dalam wisata ke Pantai Klara. Mobil-mobil itu adalah milik anggota jamaah yang punya mobil. Bagi jamaah yang tidak punya mobil, nebeng adalah pilihannya. Termasuk kami, tentu saja, hahaha...

Menuju Pantai Klara, maka kita akan melewati deretan pantai-pantai lainnya. Seperti Lempasing, Mutun, dan Dermaga Ketapang yang dikenal sebagai tempat penyeberangan utama ke Pulau Pahawang. Lokasi pantai yang tepat di tepi jalan membuatnya tidak sulit untuk ditemukan. Jaraknya hanya sekitar 15 menit dari Dermaga Ketapang.

Pantai Klara

Untuk masuk ke pintu gerbang pantai, terlebih dahulu pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Adapun biaya tiket adalah Rp. 10.000,-/orang, Rp. 15.000,-/motor, dan Rp. 30.000,-/mobil. Harga ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Seperti namanya, Kelapa Rapat, pantai ini didominasi oleh jejeran pohon kelapa. Pantai yang selalu ramai didatangi pengunjung terutama saat hari libur ini juga ditumbuhi oleh pohon-pohon rindang lainnya.  Tak jauh dari bibir pantai, terdapat deretan gazebo-gazebo kecil beratap jerami. Pengunjung bisa menyewa gazebo-gazebo tersebut dengan harga Rp. 30.000,-

Udah dibilas, masih pingin main lagi :D

Melepas pandangan ke arah pantai, pengunjung akan disuguhi pemandangan berupa laut jernih dengan latar bukit-bukit yang indah. Airnya yang dangkal memungkinkan pengunjung terutama anak-anak bisa berenang puas hingga jauh (tapi tetap didampingi, ya :)). Anak saya, Syahid, betah banget berenang pake ban. Kulitnya sampe kisut karena kelamaan berendam, hehe.... :D

Selain airnya yang dangkal dan asyik buat berenang, sarana yang mendukung keseruan wisata di Pantai Klara juga cukup banyak, lho. Seperti adanya banana boat, kano, ban sewa, serta kapal-kapal kecil yang siap mengantar pengunjung mengitari atau menyeberang ke pulau semisal Pahawang. Harga sewa ban adalah Rp. 10.000,-. Sedangkan sewa kapal adalah Rp. 10.000,-/ orang.

Waktu para emak dan bapak pada rapat, anak-anak dikasih games dan hadiah oleh para santri. Yang lain pada jebur aja nggak peduli. Cuma tiga anak ini yang berhasil diajak main sampe dapet hadiah :v

Jika perut keroncongan sehabis berenang, pengunjung bisa membeli aneka makanan di warung-warung kecil yang berjajar di sepanjang pantai . Harganya pun bisa dibilang cukup murah. Waktu survey tempat bersama bapaknya, anak saya beli Pop Mie ukuran kecil dengan harga Rp. 5.000,- saja.

Sarana berupa kamar mandi tersedia bagi pengunjung yang ingin bilas atau buang air. Kamar mandinya cukup bersih, karena petugas rutin membersihkannya.

Aneka suvenir bertema Pantai Klara juga dapat dengan mudah ditemui di sini. Seperti kaos, syal, gantungan kunci, dsb.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi Pantai Klara? Yuk, ke Lampung! :)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


11 comments:

  1. Pingin deh jalan2 ke pantai di lampung. Kata orang pantainya bagus..pasirnya bersih dan lautnya biru muda. Liat foto ini makin mupeng

    ReplyDelete
  2. Banyak foto aye nya y...mantabs story nya
    Sering2 di maintanence y :)

    ReplyDelete
  3. @Ria Handayani: Banget, Mbak... :)

    ReplyDelete
  4. Ayo ke Lampung, Mbak @Ade Anita ^_^

    ReplyDelete
  5. Ikuut pengen ke pantai klara lagiii

    ReplyDelete
  6. Ayooook, @Ummi Naqiyyah Syam. Asyik banget lho, di sini ^_^

    ReplyDelete
  7. Pantai Klara namanya seperti asing ya mba..itu view-nya anak Krakatau ya mba Nisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, nggak asing sih, Mbak... Itu cuma singkatan dari Klapa Rapat. Mungkin biar kedengeran keren :D Bukan, Mbak. Itu bukit biasa.

      Delete
  8. Dari semua pantai di pesisir Pesawaran, Klara favoritku bangaet Mba :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)