Wednesday, February 3, 2016

Berkunjung Ke Toko Buku Fajar Agung

Sudah lama anak-anak binaan saya di ekskul menulis cerita anak request kunjungan ke toko buku. Saya sih, tidak keberatan. Karena memang kunjungan ke toko buku sudah ada di program ekskul yang saya buat dengan waktu yang memang fleksibel. Namun saya tidak serta merta mewujudkan keinginan mereka. Saya ingin saat kunjungan nanti, anaK-anak tidak sekadar mengunjungi toko buku, membaca, beli buku, lalu pulang. Lebih dari itu, saya ingin anak-anak mendapat pengalaman dan sesuatu yang berguna terkait bekal mereka dalam dunia penulisan.

Sebelum beli buku, nge-games seru dulu bareng Kak Halim ^_^ 

Dua pekan yang lalu, tepatnya hari Selasa, 19 Januari 2016, barulah  kunjungan ke toko buku itu terlaksana. Toko yang dikunjungi adalah Toko Buku Fajar Agung, yang terletak di Jl. Raden Intan No. 61 Bandarlampung. Toko ini menjadi pilihan saya, mengingat harga buku-buku di sana sangat terjangkau, dengan kualitas yang tidak kalah dengan toko-toko buku lainnya.

Kunjungan dilakukan setelah pulang sekolah, pukul 14.30 WIB, atau pada jam yang biasa digunakan untuk ekskul. Kunjungan ini sendiri tidak hanya diikuti oleh anak-anak ekskul menulis cernak binaan saya (20 anak), melainkan juga binaan dua rekan lainnya, yaitu Bu Nur (Ekskul Jurnalistik, 8 anak), dan Pak Perta (Ekskul Cerpen, 12 anak). Jadi total sekitar 40an anak yang ikut, plus 3 guru yaitu saya, Bu Nur, dan Bu Cica (guru kelas 2) yang saya minta mewakili Pak Perta, karena beliau berhalangan hadir.


Yeaayy! Dapet hadiah ^_^

Yang menyenangkan dari kunjungan ke Toko Buku Fajar Agung adalah, pihak toko bersedia memberi fasilitas antar jemput dengan bus. Jadi, kami para guru tak perlu repot mengurus soal transportasi. Mengawasi anak-anak juga jadi lebih mudah, karena kami bersama dalam satu angkutan. Tapi namanya kerjasama, ya. Tentu akan manis terasa kalau jenisnya mutualisme. Rombongan kami diantar jemput pihak toko, kami pun sudah siap dana untuk belanja buku di sana ;)

Untuk setiap anak, dana yang dibawa masing-masing untuk membeli buku adalah Rp. 25.000,-. Tapi ini tidak wajib. Sifatnya iapa yang mau beli, ya segitu bawa uangnya. Tapi namanya mau ke toko buku, ya. Nggak afdhol dong, kalo nggak beli buku. Jadi bisa dipastikan semua anak membawa uang untuk membeli buku idamannya.

Ehem! Ada salah satu judul buku saya di sini, Pangeran Karim dan Putri Karimah ;)

Kurang lebih pukul 15.15 WIB, rombongan kami tiba di Fajar Agung. Pengondisian anak-anak langsung di handle oleh Kak Halim dari pihak Fajar Agung. Sebelum naik ke lantai dua, di mana buku-buku cerita didisplay cantik di sana, terlebih dahulu Kak Halim mengarahkan anak-anak untuk menaruh tas di tempat penitipan.

Setelah anak-anak berkumpul di lantai 2 toko, keseruan pun dimulai. Dengan gayanya yang asyik dan menyenangkan, Kak Halim berhasil membuat anak-anak bersemangat dan antusias mengikuti game-games yang ia berikan. Apalagi, pihak Fajar Agung begitu loyal memberikan door prizes berupa ATK kepada anak-anak. Oh, iya, selain Kak Halim, ada juga Pak Gede, Kak Wio, Kak Vini, dan Kak Gita, yang turut pula menyambut dan memeriahkan acara kunjungan.

Beli buku, yuuuk... ^_^

Selain memberikan games dan door prize, Kak Halim juga memberikan pesan-pesan kepada anak-anak ekskul. Bahwa untuk menjadi seorang penulis atau jurnalis, seseorang haruslah banyak membaca. Karena buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang tak ada habisnya. Saya juga meminta Kak Halim untuk menunjukkan beberapa judul buku karya saya dan seorang teman bernama Fadilah Hanum, mantan rekan guru yang kini menetap di Cirebon, kepada anak-anak. Harapan saya, dengan melihat karya guru-guru mereka, anak-anak semakin semangat belajar menulis.

Setelah keseruan bersama Kak Halim usai, anak-anak pun dibebaskan berkeliling ruangan untuk mencari buku yang akan dibeli. Saya sendiri tak mau ketinggalan. Saya membeli lima pictbook berilustrasi cantik, untuk oleh-oleh anak saya, Syahid, di rumah :)

Serial pictbook untuk Syahid. Suka banget sama ilustrasinya :)

Puas membaca dan belanja buku, dapat ilmu, door prizes, serta aneka permainan yang seru, rombongan kami pun kembali di antar ke sekolah. Alhamdulillah. Kunjungan ke Toko Buku Fajar Agung sangat mengesankan. Saya dan para guru pembina senang. Anak-anak pun senang. Terimakasih, Fajar Agung :)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)