Friday, March 4, 2016

Memilih Produk untuk Toko Online Indonesia? Pertimbangkan 4 Hal Berikut!

Murid-murid saya belajar jualan ^___^
Hai, Sobat Jejak. Toko online merupakan salah satu bentuk usaha atau bisnis yang berjalan dengan bantuan internet. Membuka toko online sangat menjanjikan karena kita dapat membangun bisnis online tersebut dengan modal yang terjangkau namun memberikan keuntungan yang tinggi.

Oh, iya. Sebelum Sobat memperkenalkan toko online Indonesia yang Sobat miliki, Sobat harus menentukan produk yang hendak dijual terlebih dahulu. Agar toko online dapat bekerja dengan maksimal sesuai dengan keinginan,setidaknya terdapat 4 pertimbangan utama ketika memilih produk yang akan dijual di online shop, Sobat.

Pertama, pastikan produk yang Sobat jual merupakan produk yang dicari oleh konsumen. Sobat dapat melakukan survey misalnya dengan melihat sekeliling dan mencari tahu mengenai barang yang banyak dicari. Sobat juga dapat melihat dari toko online yang lainnya sehingga Sobat dapat mengetahui jenis barang yang menjadi favorit atau paling banyak terjual. Semakin banyak permintaan maka akan semakin banyak penjualan yang terjadi karena produk yang baik adalah produk yang memiliki peminat yang banyak dan dicari konsumen.

Kedua, pilih produk yang dapat memberikan keuntungan setidaknya sebesar 25%. Tidak dapat dipungkiri jika salah satu tujuan dalam menjalankan bisnis adalah memperoleh keuntungan akan tetapi, prioritas mendapatkan keuntungan besar tanpa memperhatikan kualitas produk adalah yang utama. Jika setelah dihitung ternyata keuntungan tidak dapat mencapai 25%, maka pilih yang mendekati angka tersebut. Tidak masalah jika Sobat memulai dengan memperoleh keuntungan kecil. Yang terpenting adalah Sobat harus mengelolanya dengan baik karena tidak dapat dipungkiri jika laba yang diperoleh sangat memengaruhi kelanjutan dari toko onlineIndonesia yang Sobat miliki.

Ketiga, pilih produk yang dapat dengan mudah dikirimkan. Hal tersebut dikarenakan terdapat beberapa peraturan yang dikeluarkan oleh pihak penghubung atau distributor yang mengatur barang yang dapat dikirim dan barang yang tidak dapat dikirim misalnya tinta. Berat dan dimensi atau ukuran dari barang yang akan dikirim juga mempengaruhi biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen ketika membeli produk tersebut atau oleh Sobat selaku pemilik toko online jika Sobat memutuskan untuk menanggung biaya delivery atau pengiriman.

Keempat, pilih produk yang sesuai dengan yang diinginkan atau yang dikuasai. Tidak dapat dipungkiri jika dalam melakukan bisnis, termasuk dalam toko online Indonesia, permintaan atau selera pasar sangat mempengaruhi. Akan tetapi, percuma jika membuka online shop namun tidak mengetahui dengan baik barang yang dijual terutama jika barang atau produk tersebut adalah barang produksi yang tidak setiap toko online miliki. Jika Sobat mengetahui dengan baik, hal tersebut dapat membantu  dalam menentukan produk mana yang memiliki kualitas yang baik dan produk yang kurang sesuai untuk dijual. Selain itu, Sobat dapat menentukan harga sesuai dengan kualitas produk tersebut.

Bagaimana, Sobat Jejak? Siap membuka dan mengembangkan bisnis toko onlinemu? Moga sukses, ya ;)


Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


2 comments:

  1. Pernah punya toko onlen, tapi terpaksa nonaktif dulu. Sebab tdk ada yg bantuin promo. Maklum emak rempong. Mungkin jika anak2 dah gedhean, bisa lbh serius agi buka toko onlennya. TFS ya Mbak :)

    ReplyDelete
  2. Sama2, Mbak Aprilia Ekasari. Aamiin... Moga sukses toko onlinenya ya, Mbak ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)