Sunday, July 31, 2016

Tumis Pedas Jantung Pisang

Assalamualaikum, Sobat Jejak. Konon, jantung pisang memiliki kandungan serat yang tinggi. Karena itu, ia sangat bermanfaat untuk menyehatkan perut, terutama dalam hal melancarkan pencernaan. Nah, berhubung beberapa hari lalu pencernaan saya sedikit bermasalah, maka sepertinya, menumis jantung pisang seperti yang saya lakukan kemarin adalah pilihan yang tepat. Terbukti, pagi ini pencernaan saya lancar kembali. Alhamdulillah :)

Oh, iya, selain berbagai manfaat lain seperti: mencegah kolesterol, melancarkan siklus darah, dan anti kanker, jantung pisang ternyata juga bisa memperbaiki mood, lho. Wah, pantesan, saya yang kemarin males ngerjain naskah komik, pagi ini jadi begitu bersemangat melanjutkannya. Termasuk membuat postingan di blog ini, hehe....  Dan pastinya, satu hal yang tidak bisa dipungkiri, tumis pedas jantung pisang  terbukti sangat ampuh memperbaiki mood makan. *uhuk!*

Tumis Pedas Jantung Pisang.
Maklum amatir. Kelupaan naruh kuahnya yang nyemek2 waktu moto. Tumisnya terlihat kering, deh :D
Nah, buat Sobat Jejak yang juga ingin merasakan manfaat jantung pisang, mungkin tidak ada salahnya mencoba resep ini.

Tumis Pedas Jantung Pisang

Bahan:
1. 1 jantung pisang
2. 10 buah cabe rawit
3. 5 buah cabe hijau
4. 7 buah bawang merah
5. 3 buah bawang putih
6. 10 ekor udang (ngirit :p)
7. 1 gelas air bening
8. Garam halus secukupnya
9. Kecap Bango
10. Minyak makan untuk menumis

Cara membuat:
1. Buang bagian merah jantung pisang, cacah bagian putihnya.
2. Cuci dan rebus cacahan jantung pisang hingga lunak, tiriskan.
3. Iris, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan cabe hijau.
4. Tumis bawang sampai harum
5. Masukkan udang, tumis hingga kemerahan
6. Masukkan cacahan jantung pisang
7. Beri air, garam, dan kecap bango
8. Masak hingga kuahnya nyemek-nyemek (tinggal sedikit dan kental :D)
9. Angkat dan hidangkan.

Bagaimana? Mudah bukan, membuatnya? 

Oh, iya. Saya selalu menambahkan Kecap Bango setiap kali memasak tumisan atau sambal oseng. Kecap Bango membuat rasa masakan menjadi lebih berani, kental, dan... enak deh, pokoknya :)

Ok. Selamat mencoba ya, Sobat Jejak ^__^

Baca juga: Resep Pancake Pisang Super Gampang
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


19 comments:

  1. Suamiku suka jantung pisang ditumis, kalau aku malah direbus aja cocol dengan sambal terasi hahha

    ReplyDelete
  2. Belum.pernah nyoba. Jadi pengeen.. 😀

    ReplyDelete
  3. Iya, Ummi Naqi. Direbus cocol sambel juga enak. Disantan juga enak ^__^

    Ayo dicoba, Mbak Fifi. Beneran uweeenak, deh ;)

    ReplyDelete
  4. belum prnah brhasil masak jantung pisang yang enak, padahal depan rumah banyak pohon pisang. katanya kalau pakai daging trus di kasih santan enak bngat mbakk

    ReplyDelete
  5. enak mbaaak. kalo saya ga pake udang.

    ReplyDelete
  6. Coba lagi, Mbak Turis Cantik ^_^ Ho oh, Mbak. Enak banget kalo pake santan. Dulu ibu saya suka bikin. Apa lagi kalo dikasih daging, kuahnya yang kental (banyakin santan), tambahin kunyit, kasih cabe merah, huummm... Bakal nggak cukup satu piring, makannya :D

    ReplyDelete
  7. Bangeeet, Mbak Damarojat. Nggak pake udang juga tetep enak :)

    ReplyDelete
  8. aku belum pernah merasakan masakan pakai jantung pisang , banyak orang bilang enak.

    ReplyDelete
  9. Memang enak, Mbak Tira. Monggo, Mbak, dicoba resepnya ^_^

    ReplyDelete
  10. Belum pernah masak sendiri. Jd pengen coba resepnya..

    ReplyDelete
  11. Hemmm jadi pengin. Emakku biasanya disayur dan rasa jantung pisang emang beda ya. :D Belum pernah ngicipin yang versi diginiin. Tapi nggak bisa asal jantung pisang ya, Kak? Ada jenis yang bisa disayur?

    ReplyDelete
  12. Wow, resepnya bikin tangan gatal, hehe.. Tapi saya agak susah untuk mendapatkan jantung pisang. Terima kasih untuk resepnya. Pilih juga buah-buahan untuk menguatkan organ jantung.

    ReplyDelete
  13. Monggo dicoba, Mbak Shofi. Uweenak, lho ^__^

    ReplyDelete
  14. Iya, Koko. Disayur juga mantep, rasanya. Memang nggak semua jantung pisang bisa dimasak. Dulu pernah nyoba jantung pisang di kebun. Pahitnya luar biasa, hikss... Padahal udah mbayangin makan pake sayur jantung pisang :D

    ReplyDelete
  15. Gatal kenapa, Mas Ali Husen? Alergi, ya? :D Sama-sama. Moga bisa nyobain resepnya, ya. Yup, saya juga suka buah-buahan :)

    ReplyDelete
  16. Aih sudah lama nggak makan sayur jantung pisang. Dulu si suka ngelodeh pas masih ada pohon pisang di samping rumah.

    ReplyDelete
  17. Waah, kapan2 mau deh, ngelodeh jantung pisang, Mbak Heni :)

    ReplyDelete
  18. Sy alergi jantung pisang..lgsg gatal2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh... Moga bisa sembuh alerginya ya, Mbak. Tumisnya enak soalnya ;)

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)