Monday, August 22, 2016

Hal Utama dalam Memilih Baju Batik Wanita

Beberapa waktu yang lalu, di beranda Facebook saya lewat seliweran gambar-gamis batik yang diposting sebuah olshop. Duuuh... Bener-bener, ya. Yang namanya godaan memang nggak kenal tempat nggak kenal waktu. Tahu aja kalo saya suka lemah iman ngeliat baju-baju cakep. Apalagi yang harganya kantong friendly *uhuk! (tetep :D)

“Pak, bagusan yang coklat atau yang pink?” Tanya saya pada suami, sambil menunjukkan dua gambar gamis batik di HP.
“Bagus yang coklat. Kalem,” jawab suami.
“Tapi yang pink juga cakep. Bikin yang make kelihatan muda,” pancing saya.
“Ya udah, beli aja dua-duanya.”
“Asyiiiik...” Sorak saya.
“Tapi entar, ya. Kalo udah ada duitnya.”

GUBRAK...

Hiks, hikss.... Sabar... Sabar....

Gamis batik yang ini juga syantiiik, yaaa.... Nemu gambarnya di bukalapak ^__^

Sobat Jejak. Seperti yang Kita tahu, saat ini berbagai macam pilihan desain dan model baju batik wanita semakin beragam. Model-model baju batik terbaru untuk wanita sudah dikombinasikan dengan unsur yang modern sehingga tampilannya sangat menarik perhatian. Itulah sebabnya, pemakaian baju batik semakin universal dan bukan hanya dipakai untuk kepentingan formal semata mengingat banyaknya model dan desain yang terus bermunculan.

Oh, iya.. Dalam memilih baju batik yang tepat, khususnya untuk para wanita, nih, ternyata ada beberapa hal penting yang perlu diutamakan, lho, Sobat. Yaitu:

  1. Model dan desainnya.
Memperhatikan model dan desain baju batik yang akan kita pilih harus dipertimbangkan dengan baik berdasarkan kebutuhan. Model dan desain baju batik yang dipilih sebaiknya jangan hanya menarik atau trendi saja, tetapi juga harus tepat dan efektif untuk menunjang penampilan. Potongan, bentuk dan detail pada baju batik yang kita pilih harus mampu memberi kesan tampilan yang lebih baik dan proporsional. Jika salah pilih model dan desain pakaian, maka efek yang ditimbulkan membuat penampilan tidak enak dilihat. Jangan sampai deh, Sobat. Niatnya pingin tampil cantik, tapi karena nggak memerhatikan kecocokan model, kita malah tampak seperti ondel-ondel. Hiiiyyy...

  1. Bahan yang digunakan.
Bahan kain yang dipakai dalam membuat baju batik harus memenuhi standar, Sobat. Kualitas bahan kain yang digunakan sangat mempengaruhi kenyamanan pemakaian baju batik yang dijadikan pilihan. Maka dari itu, pastikanlah bahan baju batik yang dipilih terasa nyaman, lembut dan tahan lama. Dengan memerhatikan bahan baju batik dengan cermat, maka baju batik yang dipilih dapat dipakai sesuai kebutuhan dan tidak mudah rusak meskipun sering digunakan.

  1. Warna dan motifnya.
Ada banyak pilihan baju batik wanita yang tersedia dalam berbagai pilihan motif yang berbeda-beda, Sobat. Aneka macam motif batik dapat kita pilih sesuai selera. Bahkan masing-masing motif batik juga ditawarkan dengan warna yang beraneka macam. Ada yang terdiri dari satu warna, dua warna dan beberapa warna yang dikombinasikan dalam satu jenis pakaian. Variasi warna dan motif baju batik dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya busana yang ingin dihasilkan.

  1. Ukuran yang diperlukan.
Dalam memilih pakaian, kita harus selalu mencari ukuran yang tepat dan sesuai kebutuhan. Pilihlah baju batik dengan ukuran yang pas, jangan terlalu besar, juga jangan terlalu kecil sehingga membuat kita sesak napas memakainya. Tidak ada salahnya mencoba mengenakan baju batik terlebih, agar kita tahu bahwa ukurannya benar-benar tepat. Selain itu, dengan mencoba mengenakan baju tersebut terlebih dahulu, kita bisa menilai tingkat kecocokan pakaian tersebut ketika dikenakan.

  1. Harga yang ditawarkan.
Selain model, desain, bahan, motif, warna dan ukuran, memilih baju batik dengan mempertimbangkan harga juga perlu dilakukan dengan tepat. Pastikanlah harga baju batik yang akan kita pilih sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Bila perlu, kita bisa membandingkan baju batik sejenis dari beberapa toko yang berbeda untuk mendapatkan penawaran harga yang sesuai. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan harga baju batik yang ditawarkan dengan budget belanja kebutuhan baju batik yang telah disiapkan. Jadi, baju batik yang paling tepat bisa segera kita miliki sesuai keinginan.

Nah. Itulah hal-hal utama yang perlu diperhatikan bila kita ingin membeli baju batik wanita. Dengan mengutamakan beberapa hal di atas, otomatis baju batik yang kita pilih adalah baju yang pas untuk menunjang penampilan. Selain itu, baju yang kita pilih juga akan terasa nyaman dikenakan dan kualitasnya bisa diandalkan karena awet dan tahan lama.


Oke, Sobat. Selamat berbelanja baju batik, ya. Ingat saya kalo melihat gambar gamis batik di atas, ya *kode* ;)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


2 comments:

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)