Friday, September 9, 2016

6 Tempat Wisata Khas Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi

Hai, Sobat Jejak. Assalamualaikum.

Bisa menjejakkan kaki di Yogyakarta adalah keinginan saya sejak lama. Bagi saya, selain menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan mata, Yogyakarta juga kaya dengan keunikan tradisi dan budaya, serta wisata kulinernya yang terkenal murah meriah namun tetap sedap di lidah. Selain itu, akomodasi di Yogyakarta konon juga sangat ramah di kantong. Tak heran, jika Yogyakarta kemudian menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Di Yogyakarta, aneka rumah makan tersedia mulai dari yang lesehan hingga restoran besar. Begitu pula dengan penginapan. Tak perlu bingung ketika ingin menentukan tempat menginap. Sebab ada banyak pilihan penginapan di Yogyakarta. Mulai dari losmen sampai hotel berbintang lima.

Salah satu pilihan hotel yang bisa dijadikan tempat menginap ketika berada di Yogyakarta adalah Hotel Grand Aston Yogyakarta. Hotel yang terletak di jalan Urip Sumharjo ini terbilang cukup strategis. Jaraknya hanya 5.56 km dari Bandara Adi Sutjipto. Ada beberapa lokasi menarik di dekat hotel yang bisa dikunjungi, di antaranya adalah Saphir Square, yang hanya berjarak 0,99 km, dan Universitas Gadjah Mada yang hanya berjarak 1,15 km saja. Wah, berarti bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki saja ya, Sobat. Lumayan, sekalian membakar timbunan lemak :D

Asyiknya, meski belum berada di Yogyakarta, pemesanan kamar di hotel semisal Grand Aston Yogyakarta sudah bisa dilakukan jauh-jauh hari. Caranya pun sangat mudah. Kita hanya tinggal melakukan booking melalui traveloka.com .  

Sumber: www.aston-international.com

Sudah jauh-jauh datang ke Yogyakarta, menginap di hotel pula, tentu ingin juga dong, mengunjungi tempat-tempat wisatanya. Masak iya, hanya mau tiduran atau leyeh-leyeh baca buku di kamar hotel saja. Rugi!

Untuk itu, tidak ada salahnya, jika kita mulai me-list tempat-tempat wisata khas Yogyakarta dari sekarang, Sobat. Agar nanti tidak bingung lagi menentukan tempat wisata khas Yogyakarta yang akan dikunjungi.

Nah, berikut ini 6 Tempat Wisata Khas Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi, terutama yang letaknya dekat dengan Hotel Grand Aston Yogyakarta:

1. Wisata Sentra Kerajinan Kulit

Tas Kulit Manding. Sumber: kulitmanding.com

Wisata Sentra Kerajinan Kulit terletak di Desa Manding, yang berjarak sekitar 0.5 km dari hotel. Wisata ini merupakan pusat kerajinan tas, sepatu, sandal, dompet, jaket, dan aneka aksesoris dari bahan utama kulit. Desa Manding dikenal sebagai tempat bermukim para pengerajin home industri yang memproduksi aneka macam kerajinan dari kulit dengan harga yang jauh lebih murah. Di sana, kita bisa belanja sekaligus melihat para pengerajin membuat benda-benda dari kulit.

2. Mirota Batik atau Hamzah Batik

Sumber: Mirotabatikjogja.wordpress.com

Jika di Desa Manding kita dimanjakan dengan aneka kerajinan serba kulit khas Yogyakarya, maka di Mirota Batik yang kini berganti nama Hamzah Batik dan hanya berjarak 2.5 km dari hotel ini, kita akan belanja sekaligus melihat langsung pembuatan batik tulis.

Mirota Batik mempunyai konsep unik dengan citarasa yang khas Yogyakarta. Memasuki ruangannya, kita akan disambut dengan pemandangan berupa ruangan yang penuh dengan barang antik. Alunan musik gamelan Jawa disuguhkan khusus bagi para pengunjung. Tak perlu khawatir soal harga. Di Mirota Batik, pengunjung bisa membeli batik berkualitas dengan harga yang lebih murah.

3. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro. Sumber: id.wikipedia.org

Jangan ngaku pernah ke Yogyakarta kalau belum foto di Jalan Malioboro. Hehe, saya lupa pernah mendengar kalimat itu di sana. Tapi yang pasti, setiap teman yang berkunjung ke Yogyakarta, pasti tak lupa berfoto ria di tiang papan nama yang bertuliskan JL. MALIOBORO ini.

selain merupan sentralnya Yogyakarta, jalan Malioboro juga dekat dengan Monumen Yogyakarta dan Stasiun Tugu. Di jalan ini, terdapat banyak kios maupun pedagang kaki lima yang menjual aneka macam benda khas Yogyakarta, seperti pakaian, tas, sandal, makanan, dan lain-lain, dengan harga yang tentu saja masih bisa ditawar. Di malam hari, sepanjang jalan ini akan berubah menjadi wisata kuliner lesehan. Hmm... Yummy... ^_^

4. Pasar Beringharjo


Pasar Beringharjo. Sumber: tripjogja.co.id

Letaknya tidak jauh dari jalan Malioboro. Sisi menarik dari Pasar Beringharjo adalah nuansa tradisionalnya yang masih sangat kental. Di sini kita dapat melihat kehidupan para kuli angkut barang di pasar yang terdiri dari para wanita tua atau pun nenek-nenek.

Pasar Beringharjo menjual aneka macam oleh-oleh khas Yogyakarta mulai dari kain batik cetak, tulis, sampai makanan khas Yogyakarta. Soal harga bisa ditawar sesuai kesepakatan.

5. Kraton Yogykarta

Kraton Yogyakarta. Sumber: traveljogjakarta.com

Wisata Kraton Yogyakarta yang merupakan simbol utama Daerah Istimewa Yogyakarta, berjarak hanya 3.4 km dari Hotel Grand Aston Yogyakarta. Wisata ini wajib dikunjungi mengingat di sinilah kita bisa melihat sebagian kehidupan kerajaan Yogyakarta. Mulai dari sejarah kraton, silsilah kerajaan, kereta kerajaan, senjata, dan naskah kuno.

Kita juga bisa melihat para abdi dalem yang mengenakan busana khas Yogyakarta. Sopan santun dan  tatakrama terlihat jelas pada setiap perilaku abdi dalem Kraton Yogyakarta. Di kraton, juga kita dapat mendengarkan lantunan gending gamelan Jawa. Jika beruntung, kita juga bisa menyaksikan pertunjukan sendratari dari penari Kraton Yogyakarta.

6. Istana Air Taman Sari

Istana Air Taman Sari. Sumber: acc.co.ic

Wisata tempat pemandian para raja dan permaisuri ini hanya berjarak 4.0 km dari hotel. Istana ini berupa bangunan kuno yang berabad-abad usianya. Mengunjungi Istana Air Taman Sari, kita seolah kembali ke zaman kerajaan. Selain tempat pemandian, di sana juga masih terdapat kamar raja dan permaisuri. Lokasinya sangat indah untuk dijadikan tempat foto-foto. 

Bagaimana, Sobat? Keren-keren bukan, tempat wisatanya? :)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


18 comments:

  1. Suamiku pengen bgt ke Yogya makasi infonya mba nambah referensi buat wisata kesana klo liburan :)

    ReplyDelete
  2. Asyiiik... Moga segera terwujud rencana liburannya ya, Mbak Herva ^_^

    ReplyDelete
  3. seumur-umur ke Yogyakarta cuma waktu kecil, itu juga udah ga inget blassss... Pengen banget kesana :) Artikelnya bisa jadi referensi kalo dikasih rejeki main ke Yogyakarta :) Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga suatu hari kesampean pergi ke Jogja, yaa... ^_^

      Delete
  4. Sopan santun dan tatakrama tidak hanya terlihat jelas pada setiap perilaku abdi dalem Kraton Yogyakarta, masyarakat jogja pun demikian. pokoknya asyik deh tinggal dijogja. Jogja adalah salah satu tempat yg sgt recomended utk belajar segala hal ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syaaaa... Kamu masih di Jogja? Mbak pingin banget ke sana :-*

      Delete
  5. Jadi pengin ke tempat sentra kerajinan kulit :D penasaran hehhe yang lain udah pernah kunjungin. O ya skarang ada tuh Tebing Breksi, keceeeh tempatnya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, iya. Yang bekas tambang itu kan, ya? Cakep banget, yaaa... Moga bisa ke sana suatu hari nanti ^_^

      Delete
  6. Taman pintar mbak..pas buat yang liburab bawa anak2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siiip... Insya Allah masuk list juga kalo suatu hari ke Jogja ^_^

      Delete
  7. Yogyakarta..kapan ya mba aku bisa kesana ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Yurmawita tinggal di mana? Aamiin, Mbak... Mudah2an kesampaian keinginan untuk bisa je Yogyakarta.

      Delete
  8. Replies
    1. Moga suatu hari bisa ke Yogya lagi ya, Mbak Eni :)

      Delete
  9. dari semua yng disebutin aku cuma pernah ke malioboro aja XD
    kayaknya harus lebih explore jogja lagi ini haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Moga bisa ke semua tempat itu nanti pas ke Yogyakarta ya, Mbak Dina ^_^

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)