Monday, October 17, 2016

Menimba Ilmu Menulis dan Ngeblog di Writer Preneur Workshop

Assalamualaikum, Sobat Jejak. Apa kabar? Mendung di Bandarlampung, bagaimana di tempatmu?

Sobat, Sabtu 15 Oktober 2016 kemarin, alhamdulillah saya bisa menimba ilmu menulis dengan menjadi peserta di sebuah Writer Preneur Workshop. Workshop ini dihelat oleh UKM Teknokra Unila, yang menghadirkan Kang Arul sebagai pembicaranya. Kang Arul atau yang memiliki nama lengkap Dr. Rulli Nasrullah, M.Si. ini adalah seorang dosen sekaligus penulis yang telah menerbitkan ratusan buku. Waaaw...

Snack dan Tiket Writer Preneur Workshop :) (kolpri)

Saya tiba di lokasi workshop kurang lebih pukul 08.20 WIB. Setelah membayar uang registrasi sebesar Rp. 15.000, saya pun masuk ke ruangan yang ternyata sudah ramai oleh peserta. Peserta terdiri dari para penulis dan jurnalis dari berbagai kampus di Indonesia. Wah, saya jadi merasa sangat beruntung bisa menjadi salah satu peserta di workshop ini. Oh, iya, dari uang registrasi yang murah meriah itu, saya mendapatkan fasilitas snack, ilmu menulis, tempat yang nyaman, dan sertifikat.

Tak lama kemudian, workshop dimulai dengan diawali suguhan tari Sigekh Penguten. Tari ini merupakan tarian khas daerah Lampung, yang biasa dibawakan untuk menyambut tamu atau pun mengawali suatu acara adat. Yang motret di depan banyak banget. Jadi, saya memutuskan untuk duduk-duduk saja sambil sesekali memotret dari tempat duduk. Motretin yang moto, hehehe...

Usai tarian Sigekh Penguten, acara  dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan pemukulan alat musik khas Lampung, Gamolan, sebagai tanda bahwa acara sudah resmi dibuka. Huff, akhirnya... Setelah Rektor Unila beserta rombongan meninggalkan ruangan, barulah workshop penulisannya dimulai...

Utusan Lembaga Pers Mahasiswa (kolpri)
Sebagai pemateri, dosen lulusan S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gajah Mada ini terlihat sangat menguasai apa yang beliau sampaikan. Dengan gaya santai dan sesekali diselingi canda yang membuat para peserta tertawa, Kang Arul memberikan banyak informasi serta tips terkait dunia penulisan dan juga blog.



Menurut penulis yang juga mantan jurnalis di Kelompok Kompas Gramedia ini, tidak ada ide yang benar-benar baru. Penulis yang menulis buku dengan tema yang sama sangat banyak. Oleh karena itu, Kata Kang Arul, buatlah karya yang berbeda dengan melakukan kreativitas.

Untuk memancing kreativitas peserta, Kang Arul kemudian menunjukkan beberapa siluet gambar. Peserta diminta untuk mengungkapkan isi pikiran ketika melihat gambar yang ditunjukkan. Alhasil, untuk gambar pertama, siluet ayah-ibu-anak bergandengan, kebanyakan peserta masih berpikir biasa. Ada yang menjawab ayah-ibu-anak, keluarga, bergandengan, dan sebagainya. Kang Arul terus memacu peserta untuk berpikir di luar apa yang dipikirkan oleh kebanyakan orang. Hingga akhirnya, seorang peserta berhasil mengatakan hal yang cukup unik tentang gambar tersebut, yaitu orang yang sedang tarik tambang.

Gambar selanjutnya adalah siluet ayam betina. Untuk gambar ini, sudah cukup banyak peserta yang mengungkapkan pikiran uniknya. Ada yang mengatakan itu gambar raksasa, makhluk luar angkasa, pintu, dan sebagainya.

Suasana di ruang Writer Preneur Workshop (kolpri)

Selanjutnya, panitia membagikan kertas kepada peserta workshop. Oleh Kang Arul, peserta diminta untuk menuliskan nama dan alamat email di kanan atas kertas. Kang Arul kemudian memperlihatkan rangkaian siluet gambar di slide dan meminta peserta workshop untuk menulis cerita berdasarkan gambar tersebut.

Berikutnya, peserta kembali diminta untuk menulis  5 kata tak berhubungan di kertas. Misalnya:

1. Soto
2. Pesawat
3. Song Jong Ki *eh?
4. Klepon
5. Kalender

Nah, peserta diminta untuk menulis cerita dari 5 kata tersebut, di mana urutan katanya didiktekan oleh Kang Arul.

Misalnya: ceritakan suasana pagimu dengan memasukkan kata nomor 4, menjadi, misal: Matahari sebulat kue klepon pagi ini. Hasilnya, cerita yang dibuat peserta menjadi lebih unik, lucu, dan menggemaskan. :D

Setelah selesai membuat cerita dengan 5 kata acak ini, peserta diminta menulis lagi dengan menggunakan kata-kata yang didiktekan Kang Arul. Cerita yang dibuat kemudian dikumpulkan ke panitia. Ugh, saya kecele dengan tugas yang ini. Saya pikir tulis saja dulu kata-kata yang didiktekan, ternyata langsung tulis dalam bentuk kalimat. Alhasil, jadilah cerita saya berupa kumpulan kata-kata tak bermakna, hahaha... Tapi kurang lebih semenit sebelum ngumpul, ceritanya sudah saya tulis, sih... :D

Selanjutnya sesi pertanyaan. Pertanyaan seputar tips menulis dan ngeblog dilontarkan oleh 6 orang penanya. Kang Arul kemudian memberikan reward berupa buku kepada masing-masing penanya tersebut.

Berpose bersama salah satu karya saya, Komik 10 Pahlawan Islam, di depan banner Writer Preneur Workshop (kolpri)

Tak terasa, workshop pun berakhir. Wah, saya sampai agak kaget begitu menyadari sudah adzan dzuhur. Workshopnya sangat seru, jadi tidak terasa. Alhamdulillah, ilmu  menulis jadi bertambah. Semoga menjadi penyemangat untuk lebih giat lagi berkarya.
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


9 comments:

  1. Hahaha Song Jong Ki gak ketinggaan ya mbak?
    Kalimatnya disambung2in gtu jadinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya, Mbak April. Pertanda blom bisa move on :D Iya, Mbak. Kalimatnya disambung jadi membentuk paragraf. Jadinya lucu dan nggak biasa gitu, deh :)

      Delete
  2. Wekekek... trus yang buku bestsellernya ketinggalan, siapa? Ayo ngakuuu... 😂😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iyaaaa... Jadi behind the scene aja, deh. Biar fokus ke workshopnya *ngeles* :D

      Delete
  3. Wah enak ya mbak bisa mencari ilmu menlis dan ngeblog di workshop2 bgtu.. jadi kangen pengen ikutan workshop2 lagi ni mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, enak, ada snacknya, hihihi... Iya, alhamdulillah. Beruntung bisa ikutan. Dapet tambahan ilmu :)

      Delete
  4. Wah senang sekali bisa ngumpul bareng kayak gitu. Apalagi memperdalam ilmu menulis

    ReplyDelete
  5. Wah ini keren banget eventnya, saya juga pengen banget bisa ikutan workshop menulis blog :)

    ReplyDelete
  6. Ini niiih, aku perlu yg kayak gini2 untuk menambah wawasan menulis.. semoga lain kali bisa ikutan aah..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)