Tuesday, October 4, 2016

Tips Membeli Busana Muslim Online

Gamisnya cakep yaaa, Sobat Jejak... *kode* Sumber: bukalapak
[CP] : Hai, Sobat Jejak, assalamualaikum. Bagaimana kabar hari ini? Semoga selalu sehat dan ceria, ya.

Sobat, di zaman digital seperti sekarang ini, membeli barang secara online adalah hal yang biasa. Tak terkecuali membeli pakaian.  Kita dapat dengan mudah melihat-lihat aneka model busana muslim online di internet.

Semakin meningkatnya tren mengenakan busana muslim di Indonesia merupakan salah satu pemicu menjamurnya penjual busana gamis di dunia maya, Sobat.  Jadi tidak heran, jika kemudian banyak orang-orang yang kemudian menjadikan usaha baju online sebagai sumber pemasukan sampingan di waktu senggang, atau bahkan utama.

Membeli baju muslim secara online bisa menjadi alternatif bagi yang  tidak ingin repot mengantre, maupun menghadapi kemacetan di jalan. Cukup dengan menyentuhkan jari di layar gadget, orang sudah bisa mendapatkan pilihan berbagai busana muslim yang dinginkan. Selain praktis dan mudah, harga busana muslim di online shop pun terkadang juga lebih murah dibandingkan dengan di toko, lho.  

Jika Sobat Jejak ingin berbelanja busana muslim online, berikut beberapa  tempat di mana banyak online shop menggelar dagangannya:

Media sosial
Wah, tempat ini nih, Sobat. Seliweran banget barang dagangan online shop lewat.  Mulai dari dagangan dari akun yang memang asline online shop, sampai akun teman yang mendadak olshop. Weh, weh... Bener-bener bikin susah payah menahan jempol untuk nggak mengetik komentar, “Berapa, Sis? Bahannya apa, Say? Ada diskon nggak?” Heuheuheu...

Situs e-commerce
Sekarang ini, situs-situs e-commerce yang menjadi platform bagi para pengusaha kecil untuk menjajakan busana muslim sudah banyak banget, Sobat. Biasanya, mereka mendisplay barang dagangannya dengan tampilan yang cantik dan sudah diserta dengan harga. Nggak jauh beda dengan berbelanja di mall gitu. Bedanya, nggak capek muter-muter.

Situs individual
Untuk busana-busana muslim yang sudah memiliki nama besar, biasanya mereka punya website sendiri, Sobat. Nggak jarang mereka juga sudah punya brand ambassador gituh.

Forum
Kalau Sobat ikut komunitas, misalnya komunitas ibu-ibu atau khusus hijabers, biasanya ada forum-forum online yang biasanya dijadikan juga ajang jual beli. Harganya kadang jauh lebih murah dibandingkan di tempat lain.

Banyaknya online shop yang menggelar lapak online, tentu memberi kemudahan tersendiri bagi yang ingin berbelanja online. Tapi, Sob, kita juga harus tetap berhati-hati membeli busana muslim via online. Jangan sampai sal;ah order, apalagi kena tipu oleh online shop abal-abal.

Nah, agar terhindar dari penipuan maupun salah membeli saat belanja online, setidaknya ada beberapa Tips Membeli Busana Muslim Online yang harus dilakukan:

Hanya belanja di tempat yang sudah dipercaya
Tips ini memang terdengar klise, Sobat. Tapi nyatanya, banyak orang yang kadang mengabaikannya. Sekali lagi, jika belanja online, hanya belanja di tempat yang terpercaya. Ini bisa dilihat dari jumlah pembeli dan testimoni, walaupun itu juga tidak mutlak, ya.

Belanja di tempat yang menyediakan informasi lengkap
Beda dengan belanja baju muslim langsung di toko, kita tidak bisa memegang maupun mencobanya secara online. Ini berarti kita perlu informasi selengkap-lengkapnya tentang baju yang kita beli, seperti ukuran, warna, bahan, dan informasi lainnya.

Sistem pembayarannya jelas
Sistem pembayaran di toko-toko online tersebut harus jelas, mudah dimengerti, dan tidak meminta macam-macam. Lebih bagus lagi kalau mereka memberikan pilihan pembayaran yang berbeda-beda.

Ok, Sobat. Membeli busana Muslim online bisa menjadi pengalaman yang membuat  ketagihan dan ingin terus membeli.  Tapi ingat, jangan langsung asal beli saja ketika melihat baju yang disukai. Kecuali jika sudah berulang kali belanja di situs tersebut. Jika ingin mencoba belanja baju gamis di situs yang baru, sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu pada customer service mereka ataupun pada orang yang pernah membeli di sana.
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


7 comments:

  1. Paling enak sebenarnya beli langsung, bisa dipegang, diterawang dan dipandang. Tapi apa daya jarak membuat belanja online selalu jadi pilihan. Terimakasih Mbak untuk tipsnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya, Mbak Nurin. Enak kalo bisa pegang apalagi nyobain di kamar pas. Cuma ya itu, kadang udah capek duluan mikirin jarak sama macet. Sama2, ya :)

      Delete
  2. Saya juga suka belanja baju online, walau kadang ternyata bahan atau bentuknya ngga sesuai bayangan. Hehee. Makasih untyk tips nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Mbak Titin. Nah, tuh... Nyesek banget pastinya, ya... Moga nggak kejadian lagi yang seperti itu, ya...

      Delete
  3. Aku biasanya kalau beli online, coba sekali trus kalau bagus baik bajunya dan pelayanannya ya beli lagi di tempat itu ^^. Tapi paling enak sih memang beli langsung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip... Emang paling aman beli sama yang udah langganan dan terpercaya ya, Mbak Riski :)

      Delete
  4. setuju, hanya belanja di tempat yang sudah terpercaya.
    Dan itu bisa buat ketagihan belanja :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)