Sunday, December 18, 2016

Daftar Penerbit yang Menerima Naskah Buku Anak Islami

Hai, Sobat Jejak. Sudah menjelang akhir tahun Masehi 2016, nih. Sudah beli kalender baru?

Oh, iya. Berbicara tentang tahun baru, tentunya kurang afdhol kalau tidak menyusun perencanaan baru juga. Ya, semacam resolusi, mungkin. Perencanaannya bisa berupa menyusun ulang schedule pencapaian target yang belum tercapai di tahun 2016. Atau bisa juga menyusun schedule penulisan naskah baru di tahun 2017. 

Nah, bagi Sobat Jejak yang berencana menulis buku anak, Sobat bisa mencoba mengirimkan naskah tersebut ke penerbit-penerbit berikut:

Daftar Penerbit yang Menerima Naskah Buku Anak Islami


1. Pustaka Al-Kautsar

Pustaka Al-Kautsar merupakan penerbit buku islami dengan misi utamanya yaitu bekerja, beribadah dan berdakwah secara konsisten dengan memadukan ketegasan dan keluwesan. Penerbit yang memiliki motto "Penerbit Buku Islam Utama" ini menerbitkan naskah buku anak Islami lewat imprint perusahaannya yaitu Al-Kautsar Kids. Adapun tema naskah yang diterbitkan sangat beragam. Mulai dari tafsir, hadits, akhlak, sejarah Islam, sirah Nabi, biografi sahabat dan para ulama, kisah-kisah Islami, dan sebagainya. Penerbit ini juga menerima naskah dongeng, selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam, semisal fabel persahabatan, dan lain-lain.

Logo Penerbit Pustaka Al-Kautsar

Berdasarkan pengalaman saya, Penerbit Pustaka Al Kautsar sangat amanah dan tepat waktu dalam hal pembayaran royalti kepada penulis. Para editornya juga sangat ramah, lho. Sehingga penulis tidak perlu merasa segan jika ingin berdiskusi terkait naskah. Yang mau curhat juga diladeni, kok, selama masih seputar penulisan naskah, heuheu... 

Buku-buku saya yang sudah terbit di Penerbit Pustaka Al-Kautsar yaitu:
1. Komik 10 Pahlawan Islam
2. Raja-raka Dalam Al-Quran

Doakan buku-buku berikutnya segera menyusul, yaaa... ^_^


Komik 10 Pahlawan Islam dan Raja-raja Dalam Alquran


2. Penerbit Gema Insani

Penerbit Gema Insani menerima naskah buku anak Islami dengan beragam tema. Naskah dongeng juga diterima selama tidak bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Penerbit yang beralamat kantor di Jl. Ir. H. Juanda Depok ini menawarkan dua sistem pembayaran kepada penulis yaitu royalti dan jual putus. 

Logo Penerbit Gema Insani


Hal yang menyenangkan dari Penerbit gema Insani selain editornya yang ramah dan baik hati (uhuk!), adalah masa tunggu sejak naskah diacc hingga terbit yang bisa dibilang cukup cepat, yaitu kurang lebih enam bulan. Ilustrasinya juga sangat cantik dan menarik, lho. 

Oh, iya. Penerbit Gema Insani juga sangat aktif dalam memperomosikan buku-buku terbitannya via akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, sehingga membantu menaikan daya jual buku.

Buku-buku saya yang sudah terbit di Penerbit Gema Insani yaitu:
1. Belajar Adab Islami Bersama Pangeran Karim dan Putri Karimah
2. 25 Kisah Sebab Turunnya Ayat Al-Quran

Doakan lagi semoga buku-buku berikutnya segera menyusul, yaaa... ^_^


Pangeran Karim dan Putri Karimah


25 Kisah Sebab Turunnya Ayat Alquran

3. Penerbit Tiga Serangkai

Setahun belakangan, saya sangat antusias mengirim naskah ke penerbit ini. Mengapa? Karena saya sangat senang dengan kinerja redaksi dan orang-orang di dalamnya. Editornya ramah dan ligat bangeeet... SPP cepat diterima penulis begitu naskah acc. Begitu pula bukti terbit yang dikirim langsung ke penulis tak lama setelah buku terbit. 

Saya mengenal nama Penerbit tiga Serangkai sejak zaman duduk di bangku sekolah dan sangat suka dengan buku-buku paket terbitannya. Penerbit yang namanya mengingatkan saya pada tiga serangkai pendiri Indische Partij yaitu Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo, dan Kihajar Dewantara ini beralamat di Jl. Dr. Supomo No. 23 Solo 57141 Surakarta Jawa Tengah Indonesia.

Penerbit Tiga serangkai menerima dan menerbitkan naskah buku anak Islami lewat imprint perusahaannya yaitu Tiga Ananda. Penerbit yang juga menerbitkan buku-buku umum ini juga sangat aktif mempromosikan buku-buku terbitannya di sosial media.

Buku-buku saya yang telah terbit di Penerbit Tiga Serangkai yaitu Serial Indahnya Kejujuran yang terdiri dari 6 judul buku:
1. Apel Kejujuran
2. Petualangan Dinar
3. Susu Campuran
4. Penggembala Kecil
5. Saudagar Permata
6. Mengakui Kesalahan

Serial Indahnya Kejujuran

Baca juga 

4. Bestari

Secara pribadi, saya belum pernah mengirimkan naskah buku anak ke Penerbit Bestari. Akan tetapi, insya Allah ada buku saya yang akan terbit di sini sebagai hasil dari kerjasama dalam sebuah workshop penulisan yang pernah saya ikuti. Editornya sangat ramah dan baik, serta ringan tangan banget dalam membantu penulisnya merevisi naskah.

Jika dilihat dari websitenya, buku-buku anak islami di Penerbit Bestari terbilang bagus dan temanya pun beragam. 

5. Penerbit Elex Media

Karya saya belum pernah diterbitkan di penerbit ini. Hampir, tapi tidak jadi karena suatu alasan. Jika Sobat mau, saya sarankan mencoba. Editornya asyik dan ramah.

Oke, Sobat Jejak. Sampai di sini dulu postingan tentang Daftar Penerbit yang Menerima Naskah Buku Anak Islami. Sebetulnya masih banyak penerbit lain yang juga menerbitkan naskah islami. Namun dalam hal ini, saya mengutamakan penerbit yang sudah dan insya Allah sedang dalam proses menerbitkan karya saya (aamiin..) untuk di posting di blog ini. Semoga, berikutnya saya bisa lebih poduktif menulis dan bisa mengirimkan karya ke penerbit-penerbit lainnya, serta bisa menambahkan daftar penerbit dalam update-an postingan ini, aamiin... Semoga bermanfaat :)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


10 comments:

  1. Wah, info kece in . Sangat bermanfaat. Makasih ya.

    ReplyDelete
  2. Whuaaa kereeeen.... Maksih infonya Mba izzah
    'Tape' saya kayaknya kudu diolah lagi biar bisa dikirim yak hahaha *tepok jidat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, Mbak Cahya. Selamat mengolah "tape" ^___^

      Delete
  3. Info yg bikin uni semangat lagi. Bismillah menyambut 2017

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... Semoga lancar dan sukses menjalankan resolusinya ya, Uni :)

      Delete
  4. semoga selanjutnya bisa bikin buku, aamiin yra.

    ReplyDelete
  5. Keren banget mba :) btw klo beli bukunya langsung ke mba bisa?pengen dpt pesan n ttd penulisnya langsung hahaha..
    Sukses sll y mba makin menginspirasi, aku ngiler bgt pengen punya karya yang bertelur :)

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)