Sunday, January 15, 2017

Resolusi di Tahun 2017: Merangkai Asa Mewujudkan Cita

Assalamualaikum, Sobat Jejak. Lama tak menyapa. Mudah-mudahan tidak kapok berkunjung ke blog saya :)

Tak terasa, sudah tanggal 15 Januari. Sebetulnya akhir tahun 2016 kemarin saya ingin sekali menuliskan resolusi di blog ini. Resolusi ini sendiri sudah saya tulis di dalam notes pribadi saya. Namun karena suatu dan lain hal, baru hari ini saya memostingnya di blog.

Oh, iya, saya juga pernah memosting resolusi saya di tahun 2016. Tidak banyak. Hanya lima. Alhamdulillah, tiga di antaranya tercapai. Dalam hal ini, saya melihat betapa saya sebagai manusia hanya bisa berencana. Soal pencapaiannya, sungguh Allah jua yang menjadi penentunya. Walau ada dua resolusi yang tidak terealisasi, namun tidak ada sedikitpun rasa kecewa di hati. Sebab, ada banyak sekali kenikmatan dari Allah yang kemudian menjadi pelipur hati. Saya berdoa semoga Allah memberi saya kesempatan untuk bisa mencapai resolusi yang tertunda itu di suatu hari nanti.

Adapun resolusi di tahun 2017 ini, saya beri tema merangkai asa mewujudkan cita. Yah, saya memang sedang merangkai harapan-harapan, dengan melakukan sebaik mungkin ikhtiar. Berupaya untuk mewujudkan apa yang saya cita-citakan.

Apa alasan saya membuat resolusi? Jawabannya simpel saja. Karena Allah telah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman di dalam firman-Nya, untuk merencanakan hari esok. Baik dunia, terlebih lagi akhirat.

"Hai, orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al Hasyr: 18)

Berikut Resolusi di Tahun 2017: Merangkai Asa Mewujudkan Cita saya:


1. Sehat

Di tahun 2017, saya ingin menjadi sosok dengan fisik yang lebih sehat dari tahun-tahun sebelumnya. Saya sadar, bahwa ini menjadi salah satu modal utama untuk bisa mewujudkan cita-cita saya. Karena akan sulit sekali melakukan aktivitas jika badan tidak sehat.

2. Makin dekat dengan Allah

Tak ada sesuatupun di muka bumi terjadi tanpa izin dari-Nya. Karenanya, saya ingin mengiringi rangkaian asa dengan kedekatan yang lebih pada-Nya.

3. Makin banyak sedekah

Sedekah menunggu lebih, terkadang demikian yang saya lakukan. Semoga di tahun 2017 dan seterusnya tidak begitu lagi. Insya Allah dengan sedekah tak akan pernah rugi. Karena janji Allah, sedekah yang kita keluarkan akan diganti dengan yang lebih baik lagi.

4. Bisa bercakap-cakap dalam Bahasa Inggris

Nah, kalau yang ini ada kaitannya dengan resolusi saya yang tidak tercapai di tahun 2016. Resolusi saya waktu itu adalah ingin melanjutkan kuliah. Ternyata Allah belum mengizinkan. Resolusi itu ditangguhkan. Insya Allah masih sangat bersemangat untuk mencapainya. Namun untuk tahun ini, saya fokus saja dulu dengan persiapan-persiapan mencapainya, di antaranya memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris saya.

5. Membeli minimal 10 kitab Islam

Sebagai penulis buku anak khususnya Islami, penting bagi saya memiliki kitab-kitab shahih yang menjadi rujukan. Sebab buku yang ditulis dengan sumber yang tidak shahih, dikhawatirkan akan mengandung informasi yang salah. Alih-alih memberikan pemahaman yang benar tentang keislaman, ternyata malah menyesatkan.

6. ACC 20 naskah buku

Hehehe, mungkin terlalu muluk bagi saya yang penulis pemula ini. Tapi tidak ada salahnya kan, saya bercita-cita? Syukur alhamdulillah bila dengan izin Allah saya bisa mewujudkannya. Bantu doakan saya ya, Sobat Jejak :)

7. Jalan-jalan ke Bandung dan Yogyakarta

Ikhtiar mewujudkan resolusi, tentu membuat saya butuh piknik dong, yaaa... Dalam hal ini, saya ingiiin sekali bisa jalan-jalan ke Bandung atau Yogyakarta. Alhamdulillah banget kalau bisa keduanya. Lebih alhamdulillah lagi kalau bisa ke sana gratisan. Ada yang mau jadi sponsor? Hehehe, maunya... Oh iya, sebetulnya di bulan September 2016 yang lalu alhamdulillah saya berkesempatan mengunjungi Bandung, tepatnya Lembang, secara gratis. Hal ini dikarenakan saya menjadi salah satu peserta terpilih dalam worskhop project penulisan buku anak bersama Room to Read. Sayangnya, padatnya jadwal workshop membuat saya tidak sempat mengeskplorasi Bandung kala itu.

Nah, Sobat Jejak. Itulah tadi Resolusi di Tahun 2017: Merangkai Asa Mewujudkan cita saya. Sobat Jejak sudah membuat resolusi juga? Share, yuk! ^_^

Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


12 comments:

  1. Semoga cita citanya di tahun ini tercapai.spirit ya mb, be the best for you. Aamiin,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih doanya, Bang Razone ^_^

      Delete
  2. Semoga kita makin sehat ya di tahun 2017 agar impian tercapai. Aiiin seru resolusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Moga sehat selalu ya, Mi. ^_^

      Delete
  3. semoga selalu diberikan nikmat sehat ya bun.. kalau landing di jogja bolehlah berkunjung ke tempat kami bun jual mukena anak
    mukena anak di jogja utara

    ReplyDelete
  4. Aamiin semoga makin produktif, sehat dan tercapai harapannya y mba.
    Ngomongin inggris memang sekrang semuanya mesti dikuasai y mba pasalnya ga cuman pas ke LN aja di mana2 juga berlaku inggris rasanya malu y klo cuman bisa yes or no ahhahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih, Mbak Herva. Hihihi, iya, Mbak. Dan bukan itu aja sih, alasannya. Pinginnya kalo bisa mengunjungi luar negeri, bisa tanya2 banyah hal tentang tempat tersebut beserta kearifan lokalnya. Bayangin kalo cuma bisa yes no. Susah nangkepnya :D

      Delete
    2. iya bener mba kealaman sama diriku pas ke KL ngerti yang diomongin hanya saja pas mau bnyk tanya kok inggrisnya ga karuan akhirnya cuman senyam senyum hahaha

      Delete
  5. Semoga dimudahkan Mbak Izzah dan semua resolusinya terkabul. Amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Terimakasih, Kang Ali. Moga resolusi Kang Ali juga terkabul, ya.

      Delete
  6. Semoga ditahun 2017 kita selalu diberi kesehatan dan makin dekat dengan Allah SWT ya mba :)

    Semoga resolusi 2017nya terealisasikan mba izzah, salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
  7. semoga mbak makin banyak rezeki supaya banyak sedekah nya :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)