Friday, March 24, 2017

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Menjelang Ujian Sekolah

Akhir-akhir ini, kondisi cuaca sedang tidak menentu. Kadang pagi cerah, eh, siangnya hujan. Siangnya terik, sorenya mendung, malam cerah, paginya hujan. Keadaan ini tak jarang mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi menurun dan akhirnya jatuh sakit.

Di daerah tempat tinggal saya, virus penyakit yang sedang mewabah adalah flu. Hal ini membuat saya harus pandai mengantisipasi, agar jangan sampai keluarga saya jatuh sakit karena flu. Terutama Syahid, anak saya. Karena, tak lama lagi ia akan menjalani ujian sekolah.

Saya ingat saat Syahid ujian sekolah semester lalu. Dua hari terakhir ujian, Syahid sakit. Saya menawarkan padanya untuk tidak usah masuk sekolah. Toh, bisa ujian susulan. Tapi, Syahid tidak mau. Ia memaksakan dirinya untuk berangkat dan menjalani ujian sekolah. Duh, sedih banget. Di rumah, saya tidak tenang menunggunya pulang.

Secara akademik, Syahid bisa dibilang menonjol di kelasnya. Ia dapat menangkap pelajaran dengan cepat dan mudah. Walau tidak ditekankan untuk belajar di rumah, alhamdulillah, nilai-nilainya selalu memuaskan. Namun,  kondisi badan yang sakit tentu membuat potensi yang dimilikinya menjadi tidak maksimal. Karenanya, saya mencoba menerapkan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Menjelang Ujian Sekolah. Syahid gak boleh sakit supaya bisa menjalani ujian sekolahnya dengan penuh keceriaan. Syukur alhamdulillah kalau nisa #sehat365hari alias sepanjang tahun 2017 dan tahun-tahun setelahnya, aamiin....

Nah, berikut Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anak Menjelang Ujian Sekolah yang coba saya terapkan:

1. Banyak minum air putih
Sebetulnya Syahid suka protes setiap kali saya bilang minum air putih. “Bukan air putih, Nda, tapi air bening,” begitu, katanya. Huehe, bener juga, sih.... :D

Syahid sangat suka minum susu. Tiap haus, pinginnya minum susu. Jarang minum air putih. Padahal, air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Di samping penting dalam keseimbangan cairan di dalam tubuh, air putih juga bermanfaat untuk menjaga fungsi ginjal, mengeluarkan racun, memberi energi, melancarkan saluran pencernaan, dan meningkatkan kesegaran tubuh.

Karenanya, saya pun mencari cara agar Syahid senang minum air putih. Mulai dengan memberi penjelasan mengenai manfaat air putih, mengingatkannya untuk minum air putih, sampai menyiapkan teko air putih khusus untuknya. Saya juga memberi syarat padanya untuk minum air putih dulu sebelum minum susu. Alhamdulillah, Syahid mulai terbiasa minum air putih dan itu membuat tubuhnya lebih sehat dan bugar.

2. Menjaga pola tidur
Cukup sulit bagi saya untuk membuat Syahid tidur siang. Padahal saya yakin, aktivitas setengah harian di sekolah, tentu membuat tubuhnya lelah dan butuh istirahat. Tapi, yah, namanya anak-anak. Mumpung siang, kenapa nggak diisi dengan berbagai aktivitas menyenangkan. Begitu pun saya dulu, waktu kecil. Pulang sekolah bukannya istirahat, malah ngebolang manjat pohon, mandi sungai, dan sebagainya, hehehe...

Namun, menjaga pola tidur malam Syahid tetap saya lakukan. Intinya, Syahid harus tetap tidur cukup. Jadi, setelah isya, semua aktivitas stop. Waktunya Syahid tidur dan bangun kembali menjelang subuh. Dengan tidur cukup, saya berharap Syahid lebih sehat dan siap menjalani aktivitas keesokan harinya.

3. Menjaga pola makan
Nah, ini nih, yang menjadi tantangan besar buat saya. Syahid itu susaaaaah sekali yang namanya makan sayur. Padahal, vitamin dalam sayur serta protein ikan bagus untuk kesehatannya. Karenanya, saya coba mengakalinya dengan menyembunyikan rupa sayur dalam menunya. Misal, membuat bakwan sayur, dadar telur sayur, dan sebagainya. Alhamdulillah, walaupun sedikit-sedikit asupan sayur Syahid mulai terpenuhi. Untuk buah utuh, Syahid mulai suka pepaya dan pisang. Jadi, saya berusaha untuk selalu stok dua jenis  buah itu. Untuk jenis buah lainnya, Syahid maunya kalau sudah dijus.

4. Menjaga Kebersihan badan dan lingkungan
Hal yang perlu diperhatikan agar kesehatan tubuh anak tetap terjaga adalah dengan menjaga kebersihannya. Selain mandi dua kali sehari, saya juga membiasakan Syahid untuk selalu mencuci tangan dan kaki setelah beraktivitas di luar rumah, untuk menghilangkan berbagai macam kuman penyebab penyakit. Saya juga membiasakannya untuk memotong kuku setiap pekan, yaitu setiap hari Kamis atau Jumat.

5. Olahraga teratur
Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan olahraga, tubuh jadi lebih segar dan tidak gampang sakit. Karenanya, di pagi hari setelah subuh, saya dan keluarga membiasakan untuk olahraga bersama. Olahraga yang kami lakukan sih, ringan-ringan saja. Terkadang cukup hanya dengan lari di tempat, sit up, back up, atau lari bolak-balik jalan di depan rumah. Kadang bersama-sama mempraktikkan gerakan karate yang Syahid pelajari Syahid di ekskul. Syahid di daulat menjadi senpai, yang mengajar orangtuanya melakukan gerakan bela diri. Hal ini membuat Syahid menjadi olahraga.

6. Mengonsumsi Stimuno

Produk-produk Stimuno (foto kolpri)

Selain lima tips di atas, saya juga memberikan Stimuno kepada Syahid. Menurut informasi yang saya dapat di di http://www.serbaherba.com/daya-tahan, Stimuno  sudah teruji klinis dapat bekerja langsung memperkuat sistem imun dengan cara memperbanyak antibodi di dalam tubuh sehingga dapat berfungsi sebagai imuno modulator atau benteng pertahanan bagi tubuh.  Imuno modulator ini didapat dari ekstrak tanaman meniran  yang terkandung di dalam Stimuno.

Produk Stimuno terdiri dari Stimuno Forte dan Stimuno Syrup. Stimuno syrup memiliki dua varian rasa yang disukai anak-anak, yaitu strawberry dan anggur. Untuk Syahid, saya memberikan Stimuno Syrup rasa anggur dengan dosis 1 sendok takar (5 ml) sebanyak 3x sehari.

Stimuno Syrup (foto kolpri)

Semoga, tips atau cara menjaga kesehatan tubuh anak menjelang ujian sekolah termasuk minum Stimuno setiap hari yang saya terapkan, dapat membuat  imunitas tubuh Syahid meningkat, sehingga tidak gampang sakit meski kondisi cuaca yang tidak menentu. Dengan demikian, saya tidak perlu khawatir lagi Syahid sakit saat ujian sekolah, seperti yang terjadi di semester lalu.
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


19 comments:

  1. Sehat terus untuk putra nya bunda, salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. selain mengkonsumsi makanan bergizi, di cuaca tak menentu seperti sekarang ini, kita butuh multivitamin ya mba, terutama anak2

    ReplyDelete
  3. Wah, iya perlu banget ya besok Rabu Faris mau UTS bakal siap-siap belajar. Jangan sakit, makasih ya sharingnya. Semoga Syahid juga sehat jelas ujian.

    ReplyDelete
  4. Semoga anak-anak Mba Izzah sehat selalu :)

    ReplyDelete
  5. wah, tetap semangat ya Syahid bersama Stimuno!

    ReplyDelete
  6. anak saya mbak, lugu banget. mau UTS hari ketiga ga belajar di rumah. katanya, "kan ga disuruh ustadzah."

    yeee.. masak iya tiap hari ustadzahnya kudu bilang, "belajar di rumah yaaa" haha.. maklum anak klas 2 SD.

    semoga Syahid tetap sehat bersama stimuno ya.

    ReplyDelete
  7. Ini andalan banget wkt anak2 masih kecil dulu. Skrg alhamdulillah, anak-anak makin kuat dan sehat.

    ReplyDelete
  8. Stimuno memang tepat buat jaga daya tahan tubuh… cocok juga buat keluarga disaat traveling lho kak…

    http://fiandigital.com/travelling-bersama-stimuno-forte/

    ReplyDelete
  9. Stimuno memang tepat buat jaga daya tahan tubuh anak… cocok juga buat keluarga disaat traveling lho kak…

    http://fiandigital.com/travelling-bersama-stimuno-forte/

    ReplyDelete
  10. Salam sayang untuk Syahid ^_^

    *peluk jauh

    ReplyDelete
  11. Sama mb..anakku juga lebih milih susu drpd air putih๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    Anakku juga barusan batuk-pilek, tak beri stimuno sirup, cepet smbuh sakitnya

    ReplyDelete
  12. Stimuno memang handal buat jaga stamina tubuh, saya selalu anjurkan minum ini buat tetangga dan teman teman saya

    ReplyDelete
  13. sehat selalu ya mba anaknya, stimuno syrup memang cocok buat anak2

    ReplyDelete
  14. Cuaca lagi nggak menentu jadinya harus jaga kesehatan mba :)

    ReplyDelete
  15. Eh Syahid minum stimuno sirup juga ya. Sama di sini juga, Abang minum stimuno sirup :)

    ReplyDelete
  16. Wah sayang ya...pas ujian Syahid nya sakit. untung masih bisa ujian susulan...Semangat ya Syahid...

    ReplyDelete
  17. Semoga sehat selalu Kakak Syahid :)
    kerasa sama aku dulu kecil mba klo ujian badan langsung meriang hahaha jamanku perasaan ga pernah dijejelin vitamin sama alm. ibu xixixi yg ada vitamin omel krn ngebandel :D

    ReplyDelete
  18. Bagi saya ini ada tips menjaga kesehatan tubuh secara umum. Tidak hanya untuk anak-anak saja, tapi bisa juga diterapkan untuk orang yang sudah dewasa. Terutama pada poin satu sampai lima.

    ReplyDelete
  19. ternyata banyak para bunda yg ngandelin stimuno...buat kesehatan anak..apalaginsaat ujian sekolah emang gak boleh sakit..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)