Monday, April 17, 2017

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepatu Anak Perempuan

Sobat Jejak, seorang ibu akan lebih selektif dalam memilihkan sepatu anak perempuan kesayangannya, sebab menentukan penampilan dan kenyamanan tubuh buah hati. Memilih sepatu untuk buah hati sejak bayi sampai mereka tumbuh menjadi remaja memang harus selektif. Jika anak perempuan sudah tumbuh dewasa maka mereka memiliki cara tersendiri dalam menentukan sepatunya. Sebagai orangtua tentu menghendaki yang terbaik maka memilih sepatu yang nyaman dan memberikan perlindungan 100% kepada kaki mungilnya.


Sepatu Anak Perempuan (foto: bukalapak.com)


Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sepatu anak perempuan? 

Pada saat memilihkan sepatu untuk anak perempuan, sudah tentu ibu memiliki kriteria tersendiri, terutama dalam hal model. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sepatu yang bagus tidak hanya ditentukan oleh model atau tampilan fisiknya saja, melainkan dari segi bahan dan desain sepatu tersebut. Desain sepatu akan menentukan seberapa nyaman sepatu tersebut membungkus kaki. Ajari anak untuk mencoba sepatunya sambil berjalan dan tanyakan apakah sudah merasa nyaman dengan sepatu tersebut. Anak-anak akan lebih tepat dalam menentukan sepatu paling nyaman karena merekalah yang memakainya.

Tatkala sudah berniat membelikan sepatu anak perempuan, maka kunjungi toko yang tepat kemudian tentukan pilihan secara cerdas. Setidaknya, ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepatu Anak Perempuan:

1. Ukurannya sesuai atau pas
Jika memilihkan sepatu untuk anak, pastikan ukurannya pas dengan kaki anak sehingga ia nyaman memakainya. Jangan sampai ukuran sepatu kebesaran atau kekecilan, sehingga menyulitkan anak dalam berjalan.

2. Pilih sepatu yang terkesan feminin
Anak perempuan sejak bayi baiknya diajari untuk menyukai hal-hal berbau feminin supaya terhindar dari keinginan menjadi laki-laki. Selain itu baik untuk perkembangannya, termasuk dalam memilihkan sepatu baiknya memilih model yang terlihat feminin. Kenali perbedaan antara sepatu untuk anak perempuan dengan anak laki-laki supaya tidak salah pilih.

3. Hindari dahulu sepatu dengan tumit tinggi 
Anak-anak yang masih di bawah umur apalagi di usia batita, balita, ataupun di usia anak SD baiknya dihindarkan dulu dari sepatu bertumit tinggi. Jika orang dewasa saja oleh praktisi kesehatan dianjurkan membatasi pemakaian sepatu bertumit tinggi, maka apalagi pada anak-anak? Demi pertumbuhan tulang anak yang maksimal maka dianjurkan untuk memilih sepatu yang solnya datar. Sepatu bertumit akan membuat anak susah berjalan dan mengganggu kelancaran peredaran darahnya.

4. Bahannya ringan dan elastis
Bahan sepatu memang wajib sekali dijadikan acuan dalam memilihkan sepatu untuk buah hati, bahkan sejak anak di usia bayi. Anak-anak cenderung aktif bergerak tidak peduli dimanapun ia berada. Jika di dalam rumah tentu aman saja karena dipastikan bertelanjang kaki. Namun jika diluar rumah dan berlarian otomatis memerlukan sepatu yang bahannya ringan sekaligus elastis agar melindungi kaki mereka secara maksimal.

5. Modelnya nyaman dan anti ribet
Menentukan model baiknya tidak hanya yang terlihat feminin saja namun juga nyaman karena simpel dan tidak ribet saat dipakai maupun dilepas. Baiknya sebagai orangtua Anda memilihkan sepatu anak perempuan dengan model simpel, supaya mereka mudah memakainya dengan benar.

Oke, Sobat. Itulah tadi 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Sepatu Anak Perempuan. Semoga bermanfaat.

Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


2 comments:

  1. Wah, pas banget nih nyari info buat sepatu Aisyah, anak perempuanku.

    ReplyDelete
  2. Saya tambahin satu lagi ya mbak, yaitu menyesuaikan kebutuhan dan harga sepatu. Maksudnya ga perlu beli sepatu yang terlalu mahal dan bermerk kalau memang kualitas sepatu yang lebih murah sama bagusnya :) hehehe... :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)