Friday, June 9, 2017

Banana Foster Lampung, Bisnis Oleh-oleh Kekinian Hengky Kurniawan

Tanggal 17 Mei lalu, Tapis Blogger diundang Meet and Greet bareng artis Hengky Kurniawan di Hotel Batiqa. Kak Hengky mengundang rekan-rekan blogger dan media massa dalam rangka memperkenalkan bisnis barunya di bidang kuliner berupa oleh-oleh kekinian Lampung berbahan dasar pisang, yaitu Banana Foster Lapung.



Sayangnya, waktu itu saya tidak bisa ikut. Alhasil, saya hanya bisa "mupeng" alias muka pengen memandangi foto teman-teman blogger yang seliweran di grup Whatsapp. Apalagi melihat foto-foto banana cakenya yang kunyahable banget. Beneran bikin ngiler, deh. *sodorin elap*

Bagai pucuk dicinta ulam pun tiba. Tapis Blogger kembali diundang untuk hadir di acara Meet and Greet sekaligus buka puasa bersama bareng Kak Hengky pada tanggal 2 Juni, di gerai Banana Foster Lampung yang beralamat di Jl. Wolter Monginsidi No. 115, Bandarlampung. Wah, tentu saja saya tidak mau melewatkan acara seru ini. Kapan lagi coba, bisa bertemu teman-teman Tapis Blogger sambil buka puasa dengan oleh-oleh kekinian, plus bisa foto-foto bareng artis? *uhuk!*



Sebagian besar kursi tamu yang disediakan sudah terisi ketika saya tiba di gerai Banana Foster Lampung sore itu. Tamu-tamu yang terdiri dari para awak media, blogger, selebgram, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan juga masyarakat setempat itu tampak antusias menghadiri acara Meet and Greet dan buka puasa bareng owner Banana Foster Lampung, Kak Hengky Kurniawan. Dengan dipandu oleh dua MC yang heboh banget membawakan acara, Kak Hengky pun memberikan pemaparannya mengenai Banana Foster Lampung.




Menurut Kak Hengky, Banana Foster Lampung ini adalah hasil inspirasi dari kunjungan wisatanya di New Orleans, Amerika. Di New Orleans, Banana Foster biasanya disajikan sebagai makanan penutup, yang terbuat dari olahan pisang dan es krim vanila, dengan saus berupa campuran mentega, gula merah, dan kayu manis. Selain itu, Banana Foster juga diberi topping berupa kacang. Oleh Kak Hengky, Banana Foster kemudian dimodifikasi ke dalam bentuk cake yang terbuat dari campuran utama pisang, tepung terigu, gula, susu, minyak sayur, dan margarin. Alhasil, terciptalah Banana Foster Lampung yang menjadi oleh-oleh kekinian di Lampung.

Adapun alasan Kak Hengky memilih Lampung sebagai lokasi usaha Banana Fosternya adalah dikarenakan Provinsi Lampung merupakan salah satu pusat produksi pisang nasional. Bahkan, pisang termasuk ke dalam satu dari tiga tanaman budidaya unggulan di Lampung. Nah, pastinya penasaran kan, seperti apa Banana Foster Lampung hasil kreasi Kak Hengky dan timnya, yang konon akan menjadi oleh-oleh kekinian yang hits di Lampung ini?  Sama. Saya juga penasaran ;)




Usai pemaparan mengenai Banana Foster Lampung oleh Kak Hengky, acara Meet and Greet dilanjutkan dengan pemberian door prize, tausiyah, dan doa bersama. Sementara para tamu undangan lainnya bersiap santap takjil, saya dan teman-teman dari Tapis Blogger, media massa, dan juga selebgram dipersilakan memasuki ruangan di mana 5 varian rasa Banana Foster Lampung telah dipersiapkan untuk difoto.

"Huaaah, sedapnye bauuuu...."

Begitu memasuki ruangan, aroma kayu manis, coklat, keju, susu, dan karamel yang berasal dari Banana Foster Lampung seolah kompak melakukan koalisi sempurna untuk menyergap indera penciuman saya. Oh my God! My feeling was very banana at that time....

Give me banana!
Give me banana!
Give me banana!

Okey, buat Sobat Jejak yang penasaran dengan varian rasa Banana Foster Lampung yang sukses membuat saya dan teman-teman terbanana, nih, bocorannya:

Banana Foster Lampung hadir dengan 5 varian rasa, yaitu:

1. Banana Foster Lampung Caramelized
Banana Foster Lampung caramelized ini memberikan paduan citarasa legit karamel dengan paduan potongan pisang sebagai isian. Aroma karamelnya, bo'....  Yum, yum...




2. Banana Foster Lampung Chesee
Huaaa, saya penyuka keju banget. Jadi, begitu melihat Banana Foster Lampung Chesee dengan topping keju parutnya yang melimpah ruah tumpah itu membuat saya nggak tahaaaaan pingin nyolek.



3. Banana Foster Lampung Chocolate
Sobat. Banana Foster Lampung Chocolate ini kalau dimakan nggak hanya akan menyokelatkan lidah tapi juga hati. Soalnya, mulai dari filling sampai toping, semuanya cokelat. Jadi tak heran, jika rasa Banana Foster Lampung Chocolate ini pun super duper cokelat. Dijamin! ;)



4. Banana Foster Lampung Nutella
Citarasa Banana Foster Lampung Nutella ini berasal dari perpaduan antara kacang kemiri dan cokelat, Sobat. Bagian atasnya dihiasi dengan lelehan vanila yang diberi taburan scramble chocolate. Cucok banget buat para penyuka kacang dan cokelat.



5. Banana Foster Lampung Peanut
Kalau yang ini, Banana Foster Lampungnya diberi isian berupa selai kacang atau peanut butter, dengan toping berupa vanilla crumble.


Itulah tadi 5 varian rasa oleh-oleh kekinian Banana Foster Lampung, Sobat. Dilihat dari tampilannya aja sudah membuat hati terbanana, bukan? Apalagi aromanya... Apalagi rasanya... Hummm... Jadi pingin nyanyi...

Banana bobo...
Oh, banana bobo....
Kalau tidak bobo...
Sodorin banana, bo...

Krik, krik, krik.... *garing*

Setelah puas memotret Banana Foster Lampung, kami pun berbuka puasa dengan takjil yang sudah disediakan. Selanjutnya kami shalat maghrib berjamaah di mushala Banana Foster. Oh, iya, saya seneng banget Banana Foster Lampung ternyata menyediakan tempat wudhu laki-laki dan perempuan secara terpisah. Respect saya bertambah ketika melihat kemasan box Banana Foster Lampung yang dilengkapi dengan adab makan. Sehingga, Banana Foster Lampung tidak hanya sebatas soal memperoleh keuntungan, tapi juga menyebar nilai-nilai kebaikan.

Usai shalat maghrib, kami pun makan bersama. Acara diakhiri dengan foto-foto bersama Kak Hengky Kurniawan.

Tapis Blogger (Foto by Razone)

Oke, Sobat Jejak. Sampai di sini dulu cerita saya tentang Banana Foster Lampung. Jika Sobat Jejak ingin mencoba rasa Banana Foster Lampung, syaratnya cuma satu: datang ke Lampung. Yah, namanya juga oleh-oleh. Jadi, harus datang dulu ke Lampung, terus beli Banana Foster Lampung sebagai oleh-oleh. Lagian, insya Allah tidak akan rugi datang ke Lampung. Sebab, Lampung memiliki baaaanyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam seperti pantai, danau, dan gunung; adat istiadat, dan yang pasti kuliner. Jadi, tunggu apalagi? Libur panjang? Yuk, ke Lampung! ;)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


4 comments:

  1. Ngajak deh baca ini :
    Banana bobo...
    Oh, banana bobo....
    Kalau tidak bobo...
    Sodorin banana, bo...

    ReplyDelete
  2. Hebat y mba pemikirannya kunjungan dari Amerika berbuah bisnis keren di Lampung yg spt ini inovatif bgt.
    semoga banana foster bisa diterima o/ semua lapisan masayarakt y mb dan aku bisa kebagian yg rasa keju *halah ngarep*
    sama kek mba Naqi itu lagunya ngrang bebas hahaha

    ReplyDelete
  3. Sekarang semakin banyak pilihan ngemil dan beli oleh2.
    Mudah2an pengusaha lokal juga ikut bergerak ikut membuka usaha2 sejenis ya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)