Wednesday, September 13, 2017

Tips Pintar Memilih Furniture Rumah yang Tepat untuk Rumah Minimalis Modern

Sumber: Pinterest
Hai, Sobat Jejak. Belakangan lagi seneng-senengnya liat-liat gambar furniture minimalis di IG. Lucu-lucu dan bikin mupeng, deh. Berhubung ukuran rumah mungil banget, kadang suka baca-baca juga tips-tips beli furniture untuk rumah minimalis.

Ngomong-ngomong soal furniture rumah atau perabotan, konon ia merupakan hal yang esensial di dalam suatu ruangan, Sobat. Furniture memang memberi kesan tersendiri di dalam sebuah rumah. Sebab, selain berfungsi sebagai pelengkap ruangan, furniture juga berguna sebagai hiasan interior dan menampilkan tema atau konsep dari rumah itu sendiri. Untuk rumah minimalis seperti rumah saya, misalnya, yang namanya pemilihan furniture pun harus benar-benar diperhatikan, terutama soal peletakannya. Ukuran pun menjadi satu dari sekian banyak hal yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai furniture justru membuat ruangan minimalis jadi nampak lebih sempit karena ukurannya yang terlalu besar.

Lalu, kira-kira bagaimana ya, tips pemilihan furniture yang tepat untuk rumah minimalis? Nih, Sobat, Tips Pintar Memilih  Furniture Rumah yang Tepat untuk Rumah Minimalis Modern:

1. Memilih tema furniture.
Untuk rumah berkonsep, maka furniture yang dipilih juga harus memiliki tema yang sesuai dengan konsep rumah. Tema atau desain furniture biasanya terdiri dari 2 macam, yaitu klasik dan modern. Furniture klasik biasanya memakai unsur atau material kayu dengan warna-warna yang agak monoton, seperti warna pelitur, emas atau bahkan hitam. Sedangkan furniture modern menggabungkan beberapa unsur seperti kayu, logam dan kaca dengan warna-warna yang lebih beragam sehingga memberi kesan modern.

2. Perhatikan temperatur ruangan.
Temperatur ruangan juga menjadi pertimbangan dalam pemilihan furniture yang tepat, Sobat. Jika kita memiliki ruangan dengan suhu yang agak hangat atau panas, maka disarankan untuk memilih furniture yang bermaterial kaca atau logam seperti alumunium. Sebaliknya, jika ruangan rumah kita bersuhu agak dingin atau bahkan dingin, maka sebaiknya pilih furniture dengan material kayu.

3. Memilih desain furniture yang tepat.
Desain furniture yang tepat selain menonjolkan konsep rumah juga dapat memberi kesan lapang pada ruangan, meskipun ruangan rumah kita tidak terlalu luas. Misalkan untuk ruang tamu, pilihlah furniture yang lebih sederhana atau simpel. Karena dapat memberi kesan elegan dan juga nyaman pada ruang tamu rumah. Kursi atau sofa dengan desain post-modern yang tidak terlalu banyak ornamen akan lebih cocok dengan rumah yang minimalis modern yang ruangannya tidak terlalu besar.

Sementara itu, untuk kamar tidur yang notabene merupakan ruangan privasi, hendaklah dilengkapi dengan furniture yang tidak terlalu besar ukurannya agar tidak memakan tempat dan mudah untuk dibersihkan. Hal ini bertujuan agar kamar terasa lebih lega dan nyaman, Kita bisa menambahkan rak buku tempel di dinding kamar.

Untuk bagian dapur, sebaiknya pilih furniture rumah dengan warna yang netral seperti putih, coklat atau krem. Karena akan memberikan kesan dapur tetap terlihat rapi namun indah meski ukurannya tidak begitu luas karena konsep rumah adalah minimalis modern.

Nah, Sobat, itulah tadi beberapa tips Memilih  Furniture Rumah yang Tepat untuk Rumah Minimalis Modern. Semoga bermanfaat, ya! :)
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


12 comments:

  1. emang seneng ya liat furniture yg lucu dan unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Furniture2 lucu gitu bikin mupeng ^_^

      Delete
  2. Replies
    1. Nggak wajib lho, Bang. Bisa juga paduan karpet plus bantal2 lucuk, pasti nyaman ^_^

      Delete
  3. Cocok nih infonya, kebetulan sy baru menempati rumah dan belum punya banyak furniture, so bisa jadi referensi bagus untuk jadi panduan beli furniture 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, selamat menempati rumah baru ya, Mas. Paling enak kalo rumah blom banyak furniturenya. Jadi, bisa dikonsep dari awal mau furniture yang gimana ^_^

      Delete
  4. Apakah cocok juga untuk di daerah pedesaan ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah cocok2 aja, Mas. Tergantung gimana pilihan furniturenya ^_^

      Delete
  5. Replies
    1. Aamiin... Semoga bisa segera terbeli rumahnya, yaaa... ^_^

      Delete
  6. Suka lihat tapi saya enggak suka banyak ornamen di rumah. Cenderung suka yg simpel aja, apalagi saya enggak rajin membersihkan bisa malah menumpuk debu dimana mana.

    Kalau sekarang lagi musim shabychic mbk. Gemes lihatnya tapi sadar diri hahahha gak bakal terawat. Jadi penikmat di rumah orang saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iyaaaa, Mbak. Sama, saya juga suka yang simpel2. Jadi, untuk furniture, pilihannya ke yang minimalis2 gitu, deh. Wah, iya, shabby chic. Tapi, aku kurang suka kalo yang konsep shabbynya rame banget bunga2. Ya itu tadi, sukanya yang simple2 dan bikin kesan luas, hehe...

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)