Thursday, November 2, 2017

5 Tempat Menarik di Kotabumi yang Wajib Dikunjungi

Kotabumi adalah ibukota Kabupaten Lampung Utara. Jika naik Kereta Api dari Kota Bandarlampung, Kotabumi dapat dicapai dalam waktu 2,5 jam. Sedangkan jika naik bis atau kendaraan pribadi, maka akan sampai di Kotabumi dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Dulu, saya sempat tinggal setahun di rumah paman di Kotabumi, agar bisa lebih mudah menjangkau tempat bimbel dan juga les Bahasa Inggris di kota. Di dalam ingatan saya, Kotabumi adalah kota kecil dengan kesan kumuh dan semrawut kala itu. Sehingga membuat saya sama sekali tidak tertarik dan bercita-cita untuk tinggal lebih lama di sana.

Namun, tahun demi tahun berganti. Kini, wajah Kotabumi terlihat semakin cerah berseri. Lampu-lampu  menghiasi sepanjang jalan. Tugu-tugu unik nan apik bertebaran. Taman-taman dan pepohonan pun turut pula menyegarkan pandangan.  Hal ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Lampung Utara cukup serius melakukan perubahan nyata terhadap penataan kota.



Setelah saya dan teman-teman Tapis Blogger sudah duduk syantik dan ganteng di mobil, Pak Mas'ud, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga yang menjemput kami, segera melajukan kendaraannya itu meninggalkan stasiun kereta api Kotabumi.

Sore menjelang. Namun, tergelincirnya matahari ke peraduan tak membuat kami surut untuk mampir dan mengunjungi beberapa tempat menarik di Kotabumi, sekadar memuaskan rasa keingintahuan kami dan juga selfie-selfie. *teteuup...*

Di sepanjang perjalanan itu, setidaknya ada 5 tempat menarik di kotabumi yang kami kunjungi.  Nah, penasaran kan, seperti apa menariknya tempat-tempat tersebut? Berikut 5 Tempat Menarik di Kotabumi yang Wajib Dikunjungi: 

1. Taman Sahabat


Salah satu sudut Taman Sahabat yang sedang dalam tahap renovasi. (Foto kolpri)

Taman Sahabat terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Sribasuki, Kotabumi. Taman yang sedang dalam tahap renovasi oleh Pemkab Lampung Utara ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai bersama teman dan keluarga. Tamannya segar karena dinaungi pepohonan, serta terdapat beberapa wahana bermain bagi anak-anak. Saat ini juga sedang proses pembangunan Tugu Rato, yang tentunya semakin membuat Taman Sahabat ini semakin menarik dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

2. Tugu Rato


Tugu Rato (Foto Kolpri)
Tugu Rato yang terletak di Taman Sahabat ini masih dalam tahap pembangunan oleh Pemkab Kabupaten Lampung Utara. Meskipun belum sepenuhnya selesai, tugu yang sangat detail dan megah ini sudah mulai menarik perhatian pengunjung untuk datang ke sana. Tugu yang melambangkan pernikahan adat khas budaya Lampung ini berbentuk rato atau kereta kencana khas Lampung, dengan hiasan burung garuda di bagian atapnya serta ditarik oleh seekor naga. Menarik sekali. Sangat cocok untuk dijadikan spot selfie-selfie syantik ala Princess Syahrini, eaaa....

3. Taman Kota Bumi Bettah


Taman Kotabumi Bettah (Foto Kolpri)
Taman ini letaknya berdampingan dengan Tugu Payan Mas di perempatan jalan Jenderal Sudirman. Penamaan taman tersebut mengambil dari motto Kotabumi, yaitu Kotabumi Bettah, yang merupakan singkatan dari “Kotabumi Bersih Elok Tentram Taqwa Aman Hidup”.

Taman yang kini selalu ramai dan menjadi salah satu tempat nongkrong favorit para pemuda Kotabumi ini, memang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain karena disediakannya wi-fi gratis oleh Pemkab yang memberikan kemudahan akses internet bagi masyarakat, menjelang sore hingga malam hari taman ini juga disemarakkan oleh adanya aneka lapak kuliner. Hmm, nyam nyam....

4. Tugu Payan Mas


Tugu Payan Mas (Foto Kolpri)
Tak lengkap ke Kotabumi jika belum foto dulu di dekat Tugu Payan Mas ini. Sebab, Tugu Payan Mas  merupakan landmark khas Kotabumi. Artinya, kalau sudah foto dengan tugu ini, berarti sudah sah pernah ke Kotabumi. Bukan hoax lagi.

Tugu Payan berupa tombak khas suku Lampung Abung, yang dikelilingi oleh 9 payan atau perisai. Jumlah payan ini  mewakili 9 buay atau marga pepadun yang berada di kabupaten Lampung Utara, yaitu : Buay Nyunyai, Buay Unyi, Buay Subing, Buay Nuban, Buay Anek Tuho, Buay Kunang, Buay Beliuk, Buay Selagai, dan Buay Nyerupa.

5. Islamic Center Kotabumi


Islamic Center Kotabumi (Foto Kolpri)
Tempat menarik terakhir yang kami kunjungi di Kotabumi sore itu adalah Islamic Center Kotabumi. Fasilitas pusat kegiatan keagamaaan umat Islam yang diresmikan pada 9 Mei 2011 ini terletak di Kelurahan Tanjung Harapan, Kecamatan Kotabumi Selatan.

Islamic Center Kotabumi ini memiliki arsitektur yang sangat unik, berupa kubah berbentuk siger yang berputar sebanyak 99, yang melambangkan Asmaul Husna. Halaman Islamic Center yang dihiasi oleh tebaran ornamen berupa gading gajah berwarna keemasan ini sangat luas dengan beberapa tempat duduk semen yang bisa digunakan untuk bersantai.

Terdapat sebuah menara dengan ketinggian kurang lebih 35 meter, yang konon dilengkapi dengan teropong yang berfungsi untuk melihat hilal. Selain itu, menara ini juga dapat digunakan oleh pengunjung untuk melihat keindahan Kotabumi dari ketinggian.

Berjalan ke halaman belakang Islamic Center Kotabumi, maka kita akan menjumpai bangunan masjid dengan kubah warna-warni dengan bentuk menyerupai kulit durian. Selain dijadikan sebagai tempat ibadah, Islamic Center dan masjidnya ini juga dimanfaatkan menjadi objek wisata bagi masyarakat Kotabumi dan sekitarnya.

Masjid Berkubah Warna-warni di area Islamic Center Kotabumi. Untuk melihatnya dalam posisi normal, miringkan sedikit kepala ke arah kanan, ya. Hitung-hitung peregangan otot leher :D (Foto Kolpri)

Hari beranjak senja. Azan maghrib pun tak lama lagi berkumandang. Sigap Pak Mas'ud mengemudikan mobil menuju Hotel Duta, tempat di mana kami akan menginap. Tak lama kemudian, kami pun tiba di sana.

Usai makan malam, rasa lelah dan kantuk yang menggelayut akibat tidak tidur semalaman di malam sebelumnya, membuat saya tak perlu menunggu waktu lama untuk terlelap. Istirahat adalah pilihan tepat untuk kembali menyegarkan tubuh, mengingat besoknya kami akan seharian melakukan perjalanan di Kabupaten Lampung Utara, untuk mengeksplor beberapa lokasi wisata alam di sana.

Nah, Sobat Jejak. Ikuti terus cerita seru saya dan teman-teman Tapis Blogger di beberapa tempat wisata alam di Lampung Utara dalam postingan selanjutnya, ya! :) [Izzah Annisa - Tapis Blogger]
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


2 comments:

  1. Pas ke Lampung aku ga kemana-mana mba ternyata banyak juga tempat menarik dengan spot yang instagrmable banget hahaha...
    Lampung bangunannya unik2 y mba dulu juga aku terkagum dengan adanya siger disetiap ruko yang aku lewati sepanjang jalan..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)