Saturday, November 4, 2017

6 Tips Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah

Hai, Sobat Jejak. Assalamualaikum.

Sobat. Ada kala kita mengeluhkan tagihan listrik di rumah yang bikin syok saat periode pembayaran, khususnya bagi pengguna listrik pasca bayar.  Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk melakukan upaya menghemat litrik. Nah, berikut 6 Tips Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah yang bisa kita terapkan:

1. Bijak menggunakan lampu di rumah
Penerangan tentu menjadi kebutuhan setiap rumah, terlebih ketika malam tiba. Namun, apabila tidak bijak dalam menggunakannya, maka akan berakibat kepada membengkaknya tagihan listrik. Karenanya, hidupkan lampu hanya pada saat diperlukan dan jangan lupa mematikannya apabila tidak dipakai. Selain itu, lampu yang digunakan hendaknya jenis lampu LED. Meski harga lampu LED lebih mahal dibanding neon, namun, lampu ini sangat awet dan juga hemat listrik.

2. Memasak nasi di kompor sebelum memasukkannya ke rice cooker
Kehadiran rice cooker tentu sangat membantu kita ketika akan memasak nasi. Tinggal pencet tombol, maka nasi akan matang dengan sendirinya. Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan rice cooker untuk memasak mie, bubur, bahkan menggoreng nasi.  Akan tetapi, perlu diketahui bahwa daya listrik yang disedot oleh rice cooker cukup besar, yaitu sekitar 395 Watt atau lebih. Untuk itu, penggunaan yang cermat harus dilakukan misalnya memasak nasi menggunakan kompor, lalu cukup menghangatkan saja di rice cooker.

3. Membuat jadwal menyetrika
Sobat, walaupun ukurannya kecil, setrika ternyata juga mampu membebankan daya listrik cukup besar karena butuh 300 watt setiap kali pemakaian. Jadi, jika barangkali kita terbiasa menyetrika ketika pakaian setiap kali hendak dipakai, maka sebaiknya kebiasaan itu diubah, karena akan memperbesar pemakaian listrik di rumah. Jadwalkan waktu menyetrika, misalnya 2 kali dalam sepekan.

4. Mengatur pemakaian kulkas
Siapa yang tidak mengetahui fungsi kulkas? Ya, pengawet makanan ini tentu menjadi perangkat yang wajib ada di rumah. Namun, kulkas juga sudah terkenal mampu membebankan daya tinggi ke listrik sehingga kita harus bisa lebih mengatur pemakaiannya. Misalnya dengan mengatur ke suhu yang tidak terlalu dingin.

5. Menggunakan TV LED
Punya TV di rumah dan masih berupa TV tabung? Nah, mungkin ada baiknya kita beralih ke TV LED, Sobat. Memang sih, harganya lebih mahal. Namun, perlu diketahui bahwa LED hanya menyerap listrik sekitar 25 Watt saja. Bandingkan dengan TV tabung yang mampu menyerap daya sampai 100 Watt walau hanya dengan pemakaian sebentar. Artinya, dengan memakai TV LED, maka kita akan bisa menghemat 4 kali lipat.

6. Mencari penjual token listrik murah
Sobat Jejak. Saat ini sudah banyak sekali pengguna listrik pra bayar. Jadi, mungkin ada baiknya kita juga mulai memasang listrik jenis ini, sehingga pemakaian listrik pun jadi lebih terkontrol. Isi token listrik pun mudah didapatkan karena sudah banyak penjual yang menyediakan. Mengingat kini para penjual token sudah sangat banyak di pasaran, tentu kita juga harus cermat sehingga bisa mendapatkan harga token termurah. Untuk isi token listrik ini kita bisa memilih cara online, karena sudah banyak situs belanja online yang menyediakan token listrik dengan harga yang amat terjangkau sehingga kita bisa semakin berhemat.

Oke, Sobat. Itulah tadi 6 Tips Menghemat Pemakaian Listrik di Rumah. Semoga bermanfaat.

Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)