Thursday, January 25, 2018

4 Tanaman Obat Sakit Jantung

Sobat Jejak, ada beberapa jenis tanaman tradisional yang dapat dimanfaatkan untuk obat jantung lemah selain menempuh jalan operasi. Banyak penderita penyakit jantung yang melakukan pengobatan alternatif dengan mengonsumsi ramuan herbal dari alam, karena tidak menyebabkan efek samping berbahaya.



Nah, empat tanaman obat ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit jantung, Sobat. Berikut jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai merek obat jantung lemah.

1. Kulit Manggis
Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Manggis memiliki daging buah berwarna putih dengan rasa asam manis yang segar. Selain daging buahnya yang lezat, manggis ternyata juga memiliki khasiat lain, Sobat. Khasiat ini terdapat pada kulitnya. Kulit manggis dipercaya memiliki kemampuan mengobati berbagai jenis penyakit  berat seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes. Selain itu, terapi jus kulit manggis juga dipercaya dapat menyehatkan organ jantung.

Saat ini, ekstrak kulit manggis dapat dengan mudah diperoleh, Sobat. Ekstrak kulit manggis diproduksi ke dalam bentuk kapsul atau obat herbal, sehingga lebih praktis untuk dikonsumsi.

2. Sarang Semut
Herbal yang berasal dari tanah Papua ini mengandung senyawa tokoferol dan zat flavonoid yang merupakan antioksidan aktif untuk mengencerkan penggumpalan darah di pembuluh jantung, Sobat. Itulah sebabnya, sarang semut dapat digunakan untuk terapi pengobatan jantung bagi penderita penyakit jantung. Seperti halnya kulit manggis, sarang semut pun sudah bisa didapatkan dengan mudah.

3. Buah Mengkudu
Buah mengkudu memiliki aroma yang kurang sedap. Namun, jus buah mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan dan dipercaya dapat meredakan gejala penyakit jantung secara alami.

4. Umbi Tanaman Daun Dewa
Daun dewa dipercaya memiliki banyak khasiat. Bahkan, umbinya pun mengandung khasiat yang sangat mujarab. Umbi tanaman daun dewa dapat digunakan sebagai ramual herbal dengan cara ditumbuk lalu disaring dengan air hangat. Meminum ramuan herbal daun dewa secara rutin dipercaya dapat melancarkan sirkulasi darah pada jantung yang bermasalah.

Empat Tanaman herbal di atas merupakan sedikit dari banyaknya tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan penyakit jantung. Beberapa tanaman tersebut dapat dengan mudah kita temukan di alam sekitar serta pengolahannya terbilang cukup mudah. Selain dapat dijadikan sebagai obat jantung lemah, beberapa tanaman di atas juga dipercaya dapat menyembuhkan darah tinggi dan kolesterol. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Tips Mencegah Kanker Rahim

Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: izzahannisa313@gmail.com.



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)