Thursday, January 4, 2018

Ragam Jajanan Bandung yang Bisa Dimanfaatkan untuk Bisnis Kuliner

Assalamualaikum, Sobat Jejak.

Kelezatan aneka jajanan khas Bandung tentu tak perlu diragukan lagi. Setiap kali pergi ke Bandung, pastinya sayang melewatkan kesempatan untuk mencicipi aneka jajanan khasnya.



Selain lezat, ragam jajanan Bandung ini juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis kuliner lho, Sobat. Nah, bagi Aobat yang tertarik berbisnis kuliner khas Bandung, yuk, kita simak dulu ulasan tentang beberapa jajanan Bandung populer berikut ini.

Colenak
Jajanan Bandung yang satu ini memang sedang menurun popularitasnya. Namun tak ada salahnya jika Sobat membangkitkan kembali melalui bisnis kuliner. Tambahkan sentuhan inovasi agar pembeli menjadi lebih tertarik. Misalnya, memberi penamaan yang unik seperti: Colenak Anti Galau, Colenak Move On, dan sebagainya.

Membuat colenak sangat mudah. Sobat hanya membutuhkan tape singkong dan saos yang terbuat dari santan, kelapa parut, gula merah, dan gula halus. Sebagai variasi, Sobat juga bisa menghadirkan colenak keju, colenak cokelat, atau ide resep lainnya yang sedang populer.

Siomay
Belum ke Bandung namanya kalau belum mencicipi siomay. Cita rasa siomay ikan khas Bandung memang lebih gurih dibandingkan siomay lainnya. Jika Sobat menyukai siomay, Sobat pasti tergugah mencari resep dasar siomay yang sedap. Gunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk mendukung cita rasa siomay yang akan dijual.

Cilok
Cilok merupakan jajanan Bandung yang sangat sederhana tetapi sangat digemari. Makanan berbahan dasar sagu tersebut kian disukai karena mudah divariasikan dengan bahan makanan lain. Sobat bisa membuat cilok telur, cilok goreng, cilok isi keju, atau variasi cilok lainnya yang tak kalah istimewa. Karena menu cilok kekinian pasti disukai oleh semua kalangan.

Seblak
Beberapa tahun terakhir, seblak menjadi jajanan populer khas kota kembang. Cita rasanya yang gurih dan pedas sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Itulah sebabnya seblak juga cocok menjadi pilihan menu untuk bisnis kuliner masa kini. Sobat bisa berinovasi dengan resep seblak yang belum pernah ada untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Bila urusan menu sudah selesai, lantas bagaimana dengan keterbatasan modal?

Berbicara tentang modal, alternatif sumber pinjaman tambahan modal di antaranya bisa Sobat peroleh melalui Mekar.id. Perusahaan pelopor peer to peer Indonesia ini menjadi perantara bagi investor dan pengembang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dana yang disiapkan para investor nantinya akan disalurkan sebagai pinjaman modal. Waktu pengembalian dan keuntungannya pun diatur secara rinci berdasarkan perjanjian yang disepakati.

Bersama Mekar.id, usaha untuk merintis dan mengembangkan bisnis kuliner menjadi tidak sulit lagi, Sobat. Selain itu, pinjaman modal usaha di Mekar.id pasti akan membuat Sobat lebih bersemangat melakukan ekspansi bisnis sesuai rencana. Selamat berbisnis!


Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: izzahannisa313@gmail.com.



3 comments:

  1. Sukaaa semuaaaa.. eh, kecuali colenak mungkin ya.. soalnya lidah cenderung ke yang gurih-gurih sih.. bukan yang manis-manis hehehe

    ReplyDelete
  2. Sudah pernah makan semuanya kecuali colenak, di Malang ga ada...
    Cilok, siomay, seblak...suka semuanyaa...

    ReplyDelete
  3. Ada semua itu di Depok.. enaaaak. Pengen deh buka usaha seblak, tapi belum kesampean. xixixi.. doain yaaa ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)