Thursday, February 8, 2018

Tips Memilih Tempat Wisata Edukasi yang Tepat untuk Anak

Hai, Sobat Jejak. Liburan merupakan salah satu kebutuhan bagi setiap orang, tidak terkecuali anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk dapat memilihkan tempat liburan yang tepat untuk anak. Tentunya yang mempunyai nilai pendidikan, sehingga anak tidak hanya bersenang-senang tetapi juga mendapatkan tambahan wawasan.

Tempat wisata edukasi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Sobat dan juga si kecil. Berbagai kebun binatang atau tepat bermain yang menarik bisa dikunjungi di berbagai tempat. Indonesia sendiri sudah banyak sekali memberikan tempat yang terbaik untuk menjadi objek liburan bersama keluarga terutama anak-anak.

Wisata Menyenangkan untuk Anak

Berbeda dengan orang dewasa yang lebih membutuhkan ketenangan ataupun tempat untuk merefresh otak dari penatnya pekerjaan,  anak-anak tentunya akan lebih menyukai beberapa tempat yang memiliki kemenarikan khusus seperti banyaknya binatang, permainan, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat Sobat gunakan untuk memilih tempat wisata yang tepat bagi buah hati, yaitu:

1. Mempunyai tema dan pengetahuan.
Tempat wisata untuk anak-anak hendaknya tidak hanya memberikan kesenangan tetapi bisa memberikan manfaat yang lebih kompleks. Jadi, bermain sekaligus belajar menjadi pilihan tema yang cocok untuk anak berwisata. Berbagai pengetahuan yang dapat dipilih, mulai dari pengetahuan alam, lingkungan, astronomi, teknologi, dan sebagainya.

2. Memiliki wahana bermain.
Mempunyai dunia bermain yang lebih banyak akan menjadikan anak tumbuh sebagai pribadi yang bahagia. Nah, hal ini bisa dijadikan pedoman dalam menentukan tempat yang tepat. Intinya, buatlah anak merasa bahagia dengan mengunjungi tempat wisata. Adapun wisata yang memiliki wahana edukasi pasti akan sangat menyenangkan untuk buah hati dan membuat mereka lebih betah bermain.

3. Pelayanan objek wisata.
Mengunjungi sebuah tempat wisata tentunya memerlukan pertimbangan dari kualitas pelayanan yang tepat. Sobat akan merasa lebih nyaman menemani buah hati yang sedang bermain dan belajar dengan pelayanan yang terbaik dari petugas objek wisata yang dikunjungi.

4. Akses jalan mudah
Lokasi yang terlalu jauh dan medan yang buruk membuat perjalanan wisata tidak akan mengasyikkan, apalagi bagi anak-anak. Nah, makanya pastikan untuk memilih tempat yang tepat dengan akses yang mudah untuk dilalui. Hal ini bertujuan agar Sobat dan anak-anak tidak kecapekan dan keburu kehabisan tenaga di perjalanan.

5. Pengamanan
Perlindungan dan pengamanan yang baik pada lokasi tempat wisata pasti akan menambah nilai lebih tersendiri bagi orang tua. Orang tua jadi lebih tenang melepas anak-anak untuk bermain di lokasi wisata tersebut.

Oke, Sobat. Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan referensi dalam memilih tempat wisata yang tepat untuk si kecil. Semoga bermanfaat.

Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: celoteh.bunda03@gmail.com.


1 comment:

  1. Moga2 di Bandar Lampung makin banyak tempat wisata edukatif buat anak-anak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)