Wednesday, April 4, 2018

Apa Saja Kegunaan Mesin Gerinda?

Haiii, Sobat Jejak. Apa kabar?

Sudah lama tidak posting. Jadi, malam ini, saya mau posting yang ringan-ringan saja.

Mengenang masa kecil nih, ceritanya. Jadi, dulu ayah saya punya alat yang namanya gerinda. Bentuknya unik. Satu sisi dipasang semacam roda yang terbuat dari semen (atau batu, saya agak lupa), teksturnya mirip batu asahan. Roda ini bisa diputar dengan putaran di sisi lain alat tersebut.

Waktu itu, ayah saya menggunakan gerinda untuk mengasah peralatan kebun seperti koret, cangkul, golok, juga linggis, dan pisau dapur. Saya sendiri sering menjadikan gerinda tersebut sebagai alat permainan. Caranya, ya, saya putar-putar roda gerinda dengan sekencang-kencangnya. Pernah juga saya gunakan gerindanya untuk menghaluskan pecahan genteng yang kemudian saya pakai untuk main engklek, hehehe...

Teringat nostalgia tersebut, saya jadi penasaran. Sebenarnya, manfaat gerinda itu apa saja, sih. Apakah benar hanya untuk mengasah? Akhirnya, saya iseng-iseng browsing, deh. Eh, rupanya sekarang gerinda sudah berupa mesin, tho. Ya Allah... Kerasa deh, umur makin tua. Secara di zaman saya, gerinda masih manual banget, huehehe...

Begini, nih, bentuk mesin gerinda, Sobat.

Mesin Gerinda (sumber foto; Bukalapak)


Ternyata, selain bisa dipakai untuk mengasah atau menajamkan peralatan seperti pisau dan sebagainya, mesin gerinda juga memiliki banyak kegunaan lain, Sobat. Hal ini dikarenakan mata gerinda bisa dicopot dan diganti-ganti sesuai tujuan penggunaannya. Nah. Apa saja kegunaan mesin gerinda? Nih, di antaranya:

1. Memotong benda keras
Mesin gerinda dapat digunakan untuk memotong benda-benda keras, Sobat. Misalnyapipa besi, alumunium, batu, keramik, dan lain-lain. Namun, untuk melakukannya tentu saja membutuhkan ketrampilan. Menekan mesin ke benda yang akan dipotong harus pas. Sebab,  jika terlalu kuat menekannya, maka akan merusak mata gerinda dan mesinnya. Sebaliknya, jika menekan mesinnya kurang kuat maka objek benda tidak akan terpotong. selain itu, jangan menggunakan mesin gerinda untuk memotong baja ya, Sobat. Kasihan. Bisa lelah Hayati memotongnya. :D

2. Menghaluskan permukaan benda
Gerinda juga dapat di gunakan untuk menghaluskan permukaan benda agar rata dan mulus, Sobat. Misalnya, menghaluskan sambungan besi yang dilas dan menghaluskan tembok sebelum dicat. Caranya adalah dengan mengganti mata gerinda khusus dengan mata gerinda yang dapat menghaluskan.

3. Memoles permukaan benda
Saya juga baru tahu nih, Sobat, bahwa ternyata mesin gerinda juga bisa digunakan untuk memoles permukaan benda agar lebih mulus dan kinclooong... Misalnya, memoles bodi mobil yang sudah didempul, dengan menggunakan mata gerinda polish pad. Wah, ternyata serba guna banget ya, mesin gerinda ini.

4. Menggosok batu
Naaah, ini, nih. Bagi Sobat yang suka ngoleksi batu-batu akik, ternyata, gerinda bisa digunakan untuk menggosok dan menghaluskan batu-batu tersebut, lho. Mesin gerinda sangat efektif dipakai untuk menghaluskan dan mengilapkan benda-benda seperti batu akik, marmer, dan batu granit.

Hmm... Ternyata banyak juga ya, kegunaan mesin gerinda.

Oke deh, Sobat. Sampai di sini dulu postingan saya. Semoga bermanfaat, ya.
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: izzahannisa313@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)