Wednesday, July 18, 2018

Tempat Wisata Seru Bareng Keluarga di Semarang

Halo, Sobat Jejak. Assalamualaikum.

Beberapa waktu belakangan ini, saya begitu antusias merencanakan liburan bersama keluarga ke kota-kota di Jawa Tengah, salah satunya Semarang. Berbagai informasi saya kumpulkan, termasuk tentang destinasi wisata apa saja yang ada di kota tersebut.

Nah, berbicara tentang Kota Semarang nih, Sobat. Berdasarkan informasi yang saya peroleh, ternyata Semarang masih lebih dikenal sebagai kota bisnis ketimbang kota wisata. Terlebih lagi bila dibandingkan dengan Kota Solo dan Magelang, yang selama ini memang telah menjadi ikon wisata di Jawa Tengah.

Namun, sebenarnya ada banyak tempat wisata di Semarang yang tidak kalah cantik dari Solo dan Magelang lho, Sobat. Bahkan beberapa di antaranya tidak dimiliki kota-kota lain dan cocok sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Seperti beberapa tempat berikut ini, contohnya:

Jelajah Jawa Tengah di Grand Maerokoco


sumber: seputarsemarang.com

Bagus ya, pemandangannya? Tempat wisata di Semarang yang relatif baru ini langsung jadi favorit para wisatawan karena keunikannya, Sobat. Menurut informasi yang saya baca, Grand Maerokoco ibarat Taman Mini Indonesia Indah versi Jawa Tengah. Berbagai miniatur kota-kota di Jawa Tengah ada di sini, dengan beberapa spot foto yang menarik untuk diabadikan. Sehingga, dengan hanya mendatangi Grand Maerokoco saja kita sudah bisa menikmati keindahan Jawa Tengah secara lengkap, Sobat.

Selain itu, di Grand Moerokoco juga terdapat taman mangrove dengan jembatan kayu yang cantik. Terdapat pula kolam pemancingan, serta arena bermain untuk anak-anak dan dewasa. Bagaimana? Seru, bukan?

Menelusuri Indahnya Kota Tua Semarang

sumber: @doyanphotography

Menyusuri kota tua yang terdapat di suatu tempat tentu dapat menjadi pengalaman wisata yang seru, Sobat. Selain bisa menyaksikan bangunan-bangunan tua yang unik, kita juga jadi bisa membayangkan kehidupan di zaman dahulu.

Nah, salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan ketika liburan ke Semarang adalah Kota Tua. Mirip dengan yang ada di Jakarta, Kota Tua Semarang juga memiliki bangunan-bangunan kuno yang masih terjaga kelestariannya sampai sekarang.

Tidak hanya bangunan-bangunannya yang cantik, jalanan di sekitar kota tua Semarang juga menarik. Menelusuri jalan dan lorong-lorong di dalamnya, akan membuat kita merasa terlempar ke masa lalu dengan mesin waktu. Keindahan ini tentunya tidak akan ditemui di kota lain, sehingga membuat Kota Tua di Semarang ini menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Bukan Mistis, Tapi Belajar Sejarah di Lawang Sewu

sumber: flickr.com (Harun_Harahap)

Bangunan kuno yang berada di jantung kota Semarang ini sempat dikenal sebagai tempat angker dan penuh aura mistis, Sobat. Bahkan, tak sedikit acara televisi yang menunjukkan sisi dunia lain dari tempat wisata di Semarang ini.

Padahal, Lawang Sewu sebenarnya bukanlah bangunan angker yang penuh dengan setan seperti yang dibayangkan banyak orang. Melainkan sebuah gedung bersejarah, dengan banyak kisah menarik yang masih terjaga hingga kini.

Karena itulah, sejak beberapa tahun belakangan, PT KAI selaku pemilik gedung ini, mengubah imej dan menambahkan banyak lampu di sekitar bagian luar Lawang Sewu. Selain itu, PT KAI juga melarang aneka kegiatan mistis yang dilakukan masyarakat di sekitar gedung ini.

Sekarang, Lawang Sewu sepenuhnya dioperasikan sebagai museum sejarah. Pengunjung bisa belajar banyak hal di tempat ini, mulai dari sejarah bangunan megah ini, hingga peruntukan Lawang Sewu yang berubah-ubah sejak dibangun hingga saat ini. Jadi, tak perlu khawatir mengajak anak-anak ke Lawang Sewu, Sobat. Mereka bisa belajar banyak dari tempat ini tanpa perlu takut dengan hal mistis yang sebelumnya menghantui.

Banyak Hal Seru di Museum Rekor Indonesia

sumber:@MURI_org

Selain belajar sejarah di Lawang Sewu, Semarang juga punya Museum Rekor Indonesia, Sobat. Aneka catatan rekor dari MURI bisa dilihat di museum yang kini jadi tempat wisata di Semarang yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya.

Selain berupa dokumentasi acara yang memecahkan rekor, kita juga bisa melihat secara langsung beberapa benda yang sukses menjadi yang TER di Indonesia. Wah, sepertinya seru sekali ya, mengajak keluarga ke Musium Rekor Indonesia ini.

Oh, iya. Jangan lupa juga buat mampir mencicip aneka kuliner di Semarang bersama keluarga, Sobat. Di Semarang, kita bisa membeli lumpia atau bandeng presto sebagai oleh-oleh.

Oke, Sobat. Itulah tadi sedikit informasi tentang Kota Semarang yang ternyata kece banget untuk dimasukkan ke dalam wish list destinasi liburan bersama keluarga. Gimana, kapan berangkat ke Semarang?


Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: izzahannisa313@gmail.com.



2 comments:

  1. Kalo saya sih sukanya ke Lawang Sewu sama Masjid Agung Semarang mb, dulu kesana pas masih esde . Pas udah gede jarang jalan2 ke Jawa lagi

    ReplyDelete
  2. Blum pernah ke Muri museum. Memang kalo museum kurang menarik kliatannya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)