Tuesday, November 20, 2018

Mengapa Saya Menulis di Blog?

Halo, Sobat Jejak. Assalamualaikum.

Sobat. Selalu ada alasan ketika seseorang melakukan sesuatu. Jika ada yang bilang, "Nggak ada alasan, tuh. Pingin aja." maka sesungguhnya justru ia telah memberitahukan alasannya. Ya, benar. Pingin, itu alasannya. Begitu pula dengan ngeblog, Sobat. Tentu ada alasan mengapa seseorang bela-belain membuat blog dan mengisinya dengan tulisan. Lantas, mengapa saya menulis di blog? Apa alasannya?



Wadah curhat 

Sobat, blog pertama saya buat pada sekitar tahun 2016. Tujuan dibuatnya tidak ada lain selain curhat. Bukan curhat harian macam lagi nggak ada duit, sebel sama teman, pusing mikirin tugas kuliah, dan sebagainya, sih. Melainkan curhat pemikiran saya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan keislaman yang saya ikuti, serta isu-isu yang sedang terjadi di dunia Islam. Misalnya, saya curhat tentang betapa sedihnya saya membaca dan mendengar tentang kondisi bangsa Palestina yang dizalimi oleh zionis Israel. Saya curhat mengenai serunya kegiatan bersama teman-teman di d esa binaan. Jadi, fungsi blog saya pada waktu itu hampir tidak ada bedanya dengan diary. Hanya saja, ini diary online, hehehe...

Lama-lama, tulisan curhat saya ternyata ada yang membaca, Sobat. Hal itu saya ketahui ketika ada sau dua komentar yang masuk ke postingan blog saya. Komentar-komentar pun semakin banyak seiring berjalannya waktu. Saat itu, saya sama sekali belum tahu apa istilah untuk saling mengunjungi blog antar blogger. Belakang, barulah saya tahu bahwa istilahnya dikenal dengan Blog Walking.

Saya mengunjungi balik blog orang-orang yang berkomentar di blog saya dengan cara mengklik nama mereka yang tertera di kolom komentar. Sebagian ada yang bisa diklik, sebagian tidak. Sebagian membawa saya ke laman blog, lainnya lapak jualan. Jika laman yang muncul berupa blog, maka saya akan membaca postingan-postingannya. Jika tulisannya menarik, saya akan berlama-lama di sana dan bahkan kembali lagi di hari-hari berikutnya untuk meneruskan membaca. Tak lupa, saya meninggalkan jejak berupa komentar di postingan-postingannya. Hal itu kemudian alasan ke dua mengapa saya ngeblog.

Sebagai media untuk menjalin pertemanan 

Lama kelamaan, saya mulai berteman dengan teman-teman blogger yang sering mengunjungi blog saya, Sobat. Yah, kurang lebih seperti di media sosial gitu, deh. Melalui kolom komentar, terkadang kami saling bertukar kabar, berbagi info-info kekinian, dan sebagainya.

Oh, iya, kebanyakan blog teman-teman yang saya kunjungi saat itu templatenya cakep banget lho, Sobat. Banyak hiasan-hiasannya. Ada Chat Box untuk bales-balesan komentarnya, kursornya bisa jalan, ada yang berupa tulisan ada pula yang menyerupai hewan. Backgroundnya macam-macam. Ada musiknya juga. Kok lucu, ya, pikir saya. Akhirnya saya ikut-ikutan menghias blog juga juga. Saya bikin blog baru di Tblog dengan nama ilalangberbisik.tblog.com. Backgroundnya putih, footernya tanaman ilalang, headernya bunga teratai, kursornya kupu-kupu, chat boxnya perpaduan hijau dan biru, dengan running text bertuliskan "Ahlan wa sahlan". Amboiii... Cakep betuuul, macam taman. #BlogTempoeDoeloe

Berbagi pengalaman

Setelah lulus kuliah, saya yang berstatus ibu rumah tangga, punya anak yang sudah berusia setahun,  berpikir  untuk menulis hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak, serta cerita-cerita keseharian yang bisa diambil hikmahnya. Maka, saya pun membuat blog baru, satu bernama www.jejakharianku.blogspot.com (sekarang www.jejakharianku.com), satu lagi www.diarybundasyahid.blogspot.com yang khusus diisi postingan tentang pengalaman saya dalam mengiringi tumbuh kembang anak, celoteh anak, dan segala hal yang berkaitan dengan moment antara ibu dan anak. Blog diarybundasyahid saya privat dikarenakan alasan tertentu. Sementara blog jejakharianku masih terus diupdate hingga hari ini.

Kegiatan refresing di sela menulis buku

Profesi utama saya saat ini adalah sebagai penulis buku bacaan anak. Terkadang di dalam proses menulis buku, adakala saya mengalami yang namanya writer block untuk tema buku yang sedang saya tulis, butuh selingan, butuh penyegaran, refreshing, namun tidak jauh-jauh dari kegiatan tulisa menulis.  Maka, ngeblog adalah alternatif yang acapkali menjadi pilihan saya.

Menambah penghasilan

Mulanya, saya belum terpikir untuk menggunakan blog sebagai media untuk menghasilkan uang. Toh, saya sudah merasa cukup hanya dengan mengandalkan royalti buku. Namun saya pikir-pikir, mengapa tidak jika blog yang saya kelola ini dimonetise saja sehingga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Alhamdulillah, sekarang blog jejakharianku sudah mulai menghasilkan, meskipun belum sebanyak blog-blog yang memang difokuskan untuk mencari uang. Tapi, lumayan. Setidaknya hasil ngeblog sudah bisa untuk memperpanjang domain, beli paket internet, dan sebagainya.

Mendisplay dan mempromosikan buku-buku karya saya

Nah, alasan terakhir saya menulis di blog adalah untuk mempromosikan buku-buku karya saya. Bisa dibilang semacam portofolio online khusus penulisan buku anak. Jadi, bagi yang ingin tahu apa saja buku-buku karya saya, kiprah, dan prestasi di bidang penulisan, bisa melihatnya di blog itu. Blog  ini saya buat khusus, terpisah dari jejakharianku.com . Lengkapnya bisa dilihat di www.izzahannisa.com .

Itulah tadi beberapa alasan mengapa sampai sekarang saya masih menulis di blog. Meskipun masih belum rutin, namun,  ngeblog sudah menjadi bagian dari puzzle hidup saya. Tidak lengkap rasanya, kalau belum ngeblog. Jadi, semalas apapun, sesibuk apapun, sejarang apapun, insya Allah saya akan tetap berusaha untuk mengupdate blog. Nah, usaha saya agar rajin ngupdate blog di antaranya adalah dengan ikutan #BPN30DayChallenge2018 yang diadakan oleh #BloggerPerempuanNetwork.



Di challenge ini, saya dan member lainnya diharuskan memosting satu artikel dengan tema yang sudah ditentukan setiap harinya, selama 30 hari nonstop. Mulai dari hari ini, tanggal 20 November 2018 sampai 20 Desember 2018. Bismillah... Doakan saya bisa konsisten ya, Sobat. Sampai ketemu di postingan selanjutnya dengan tema "Tema Blog yang Disukai" insya Allah. ^_^
Izzah Annisa
Berprofesi sebagai penulis buku bacaan anak. Hobi membaca, berbagi tips penulisan, memotret, jalan-jalan, mereview, dan menonton film petualangan. E-mail: izzahannisa313@gmail.com.



0 comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)