Merencanakan Liburan Seru di Lembang Bersama Keluarga


Hai, Sobat Jejak. Assalamualaikum.

Wah, nggak terasa ya, kita sudah melewati pertengahan bulan Januari 2019. Waktu seolah seperti bola bekel yang nggelindingnya cepet banget. Padahal, rasa-rasanya baru kemarin tahun berganti. Eh, ternyata udah mau abis aja nih, bulan Januari. :D

Oh, iya. Saat liburan semester sekolah dan tahun baru kemarin, Sobat Jejak berlibur ke mana aja? Kalau saya dan keluarga sih, berhubung badan lagi pada gak fit semua, jadi liburannya ke tempat-tempat yang  deket dari rumah aja, seperti ke Bukit Sakura Kemiling, staycation di hotel, ke Toko Buku, atau sekadar makan-makan di resto, dan belanja-belanja di mall. Alhamdulillah, tetap seru dan menyenangkan.

Ngomong-ngomong soal rencana liburan ke depan nih, Sobat, sebetulnya saya menyimpan keinginan kuat untuk bisa berlibur ke Lembang bersama keluarga. Ada beberapa tempat wisata menarik di Lembang  yang sangat ingin kami kunjungi, antara lain:

1. Imah Seniman Resort

Imah Seniman Resort (sumber: imahseniman.com)

Kalo yang ini sih, suami saya yang ngebet banget pengen menginap di sana. Pasti asyik, katanya, menyepi sesaat dari hiruk pikuk kota, menikmati suara jangkrik di hutan sekitaran resort, ngemil-ngemil santai sambil memandangi keindahan danau.  Wah, saya juga pingin, dung. Begitu juga anak saya, hihihi...

2. Gunung Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu (sumber: merahputih.com)

Nah, kali ini, sayanya yang punya keinginan. Soalnya dari kecil saya sering mendengar dan membaca tentang legendanya. Sebagai penulis, mengunjungi tempat-tempat yang ada di dalam cerita merupakan salah satu impian saya, termasuk  mengunjungi langsung gunung tangkuban perahu, yang ada di dalam cerita Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

3. Floating Market

Floating Market (sumber: holidayvillalembang.com)

Penasaran deh, gimana ya, sensasi berjual beli di pasar terapung seperti Floating Market ini. Pasti seru. Apalagi, datang ke Floating Market ibarat sekali dayung dua tiga pulau terlampau. Selain bisa melihat pasar tradisional terapung, kami juga bisa mencoba berbagai wahana permainan yang cocok baik untuk anak-anak maupun dewasa.

4. Observatorium Bosscha

Observatorium Bosscha (sumber: infobdg.com)

Anak saya suka banget dengan hal-hal yang berhubungan dengan benda-benda antariksa. Pengalaman mengunjungi tempat wisata edukasi Bosscha, mengamati benda-benda di luar angkasa, selain bisa menambah pengetahuannya, kami harapkan juga dapat memperkuat keimanannya kepada Allah Yang Maha Pencipta.  Selain itu, saya sudah bisa membayangkan betapa serunya liburan ke observatorium tertua di Indonesia yang didirikan pada zaman colonial Belanda ini.

5. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung (sumber: jejakpiknik.com)

Hmm... Kalo yang ini sih, nggak perlu diceritain lagi deh, alasannya. Bisa menyaksikan hamparan bunga sejauh mata memandang, berwarna-warni, harum mewangi, pastinya bikin senang dan bahagia hati siapa pun yang berkunjung ke sini. Termasuk kami. ^_^

6. Kampung Gajah Wonderland

Kampung Gajah Wonderland (sumber: liburananak.com)

Yah, namanya juga bawa anak yang lagi senang-senangnya bermain dan bereksplorasi, ya. Jadi, pastinya nggak lengkap kalau liburan tidak mengunjungi tempat wisata yang ada wahana permainannya. Apalagi Kampung Gajah Wonderland memiliki ragam wahana yang cukup lengkap, baik air maupun non air. Wah-wah... Kebayang deh, serunya.

Mohon doanya  ya, Sobat, semoga kalo ada moment-moment libur lagi semisal libur semester sekolah, libur Tahun Baru China, atau pun libur hari raya, saya bisa mewujudkan rencana liburan ke Lembang bersama keluarga. Aamiin...

Ketika hendak pergi berlibur, biasanya, saya dan keluarga membuat perencanaan terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum pergi. Hal-hal yang kami rencanakan di antaranya:

1. Apa saja yang perlu dibawa?
2. Naik apa ke sana?
3. Menginap di mana?
4. Mau berapa lama?
5. Wisata yang mau dikunjungi apa saja?
6. Kuliner khas yang mau dicoba apa saja?
7. Transportasi selama di tempat wisata apa saja?
8. Perkiraan pengeluaran berapa dan untuk apa saja?
9. Dll.

Nah, berhubung bawa anak dan saya yang punya keluhan sakit punggung ini nggak bisa terlalu capek, maka, jika tujuan liburannya jauh semisal ke Lembang, ada dua hal yang menjadi pertimbangan utama kami dalam memilih transportasi dan akomodasi, Sobat, yaitu:

Pertama, kami akan memilih penginapan yang nyaman dan dekat dengan tempat wisata. Hal ini untuk menghemat waktu dan tenaga. Apalagi kan, bawa anak. Jangan sampai dia dan kami semua kecapekan gara-gara bolak-balik menempuh perjalanan jauh dari hotel – tempat wisata – hotel. Selain itu, jarang hotel yang jauh dari tempat wisata bisa menimbulkan rasa bosan duluan karena nggak kunjung sampai. Gawat, deh. Bisa-bisa begitu sampai tempat wisata, bukannya menikmati liburan dengan senang dan ceria, yang ada malah manyun karena rasa capek di badan dan bosan yang terlanjur menggelayuti hati dan pikiran. :D

Kedua, kami akan memilih moda transportasi tercepat untuk sampai ke tempat tujuan, yaitu pesawat. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan kami kecapekan di perjalanan. Kecuali kalo emang salah satu target wisatanya adalah menikmati transportasi, ya. Misal, pengen merasakan gimana sih, rasanya naik kereta api dari Jakarta ke Bandung. Ya, tentunya dengan melakukan persiapan-persiapan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, semisal kecapekan itu tadi. Misalnya, begitu sampai tujuan, kami akan istirahat di hotel seharian, nggak kemana-mana dulu. Intinya, liburan kudu fit. Supaya bisa maksimal dalam menikmati keseruan liburan bersama keluarga.

Nah, Sobat Jejak. Itulah tadi cerita dan rencana liburan saya dan keluarga. Bagaimana cerita dan rencana liburanmu?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel