Langkah-langkah Mudah Memulai Bisnis Online di Era Digital Tahun 2019

Halo, Sobat Jejak. Assalamualaikum.

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis online semakin menjamur. Hal ini dikarenakan mudahnya memulai bisnis online di era digital 2019, di mana orang-orang sudah beralih kepada segala sesuatu yang serba online. Belanja baju online. Beli makanan online. Pesan furniture online, beli tiket kereta api online, dan sebagainya. Praktis dan cepat. Hal ini tentu menjadi peluang yang sangat besar bagi siapapun yang ingin memulai bisnis online.



Jika dulu masalah modal dan tempat untuk membuka usaha seringkali menjadi kendala utama, maka sekarang, hal itu hampir tidak ada lagi. Siapapun bisa memulai bisnis online, tanpa harus mengeluarkan modal besar dan membuka toko fisik. Bahkan, hanya dengan modal kreativitas dan keberanian saja pun seseorang sudah bisa membuka usaha online. Tak jadi soal jika tidak berani promosi langsung kepada pembeli lantaran sifat pemalu atau pendiam, sebab urusan promosi dan pemasaran juga bisa dilakukan secara online, yaitu lewat media sosial.

Meskipun jauh lebih mudah ketimbang usaha offline, usaha online juga membutuhkan langkah-langkah yang tepat dalam memulainya, Sobat.  Adapun langkah-langkah mudah yang bisa dilakukan ketika akan memulai bisnis online di era digital tahun 2019 adalah sebagai berikut:

Pertama, cermat dalam membaca peluang

Sobat, sebelum membuka bisnis online, maka kita perlu cermat terlebih dahulu membaca peluang. Amati, kira-kira apa yang banyak dicari dan dibutuhkan orang-orang di dunia online.

Ke dua, tentukan barang apa yang akan dijual di bisnis online

Kalau bisa, sih, selain banyak dicari orang, barang-barang yang dijual juga merupakan barang yang kita suka dan paham tentangnya. Hal ini bertujuan agar kita dapat menjalankan bisnis dengan senang dan paham dengan apa yang kita jual. Misalnya, ketika berbisnis online dengan menjual pakaian, minimal kita tahu kelebihan dan kekurangan bahan pakaian yang kita jual, dan sebagainya.

Ke tiga, tentukan media online yang akan digunakan untuk menjalanakan bisnis online

Ada banyak media yang bisa kita gunakan untuk menjalankan bisnis online, Sobat. Misalnya, dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Facebook, atau dengan mendisplay barang di website pribadi. Jika kita memilih media ini, maka, banyaknya jejaring pertemanan/follower/viewer menjadi hal yang sangat penting. Sebab, merekalah yang akan menjadi target pasar bisnis online kita nanti. Oleh karena itu, kita diperlukan usaha-usaha untuk meningkatkan jejaring/follower/viewer tadi, Sobat. Misalnya, dengan membuat konten-konten menarik yang membuat orang tertarik untuk berkunjung dan akhirnya membeli barang-barang kita

Ke empat, memanfaatkan keberadaan marketplace untuk mendisplay barang-barang bisnis di online kita

Mendisplay barang-barang yang kita jual dalam menjalankan bisnis di tahun 2019 secara online di marketplace  merupakan pilihan yang tepat, Sobat. Apalagi jika kita memiliki keterbatasan dalam teknik promosi ataupun mendatangkan pengunjung di media social dan website pribadi. Sebab, marketplace (apalagi yang sudah punya nama besar) sudah memiliki ribuan pelanggan sendiri yang rutin melihat-lihat dan mencari barang-barang kebutuhan mereka. Selain itu, banyak keuntungan dan kemudahan lainnya yang bisa kita dapatkan apabila bergabung dengan Marketplace. Di Marketplace, hal yang perlu kita lakukan biasanya hanyalah mengupload foto produk dan melengkapinya dengan data-data seperti nama, harga, dan spesifikasi-spesifikasi lainnya  yang terkait produk tersebut.

Nah, Sobat Jejak. Itulah tadi beberapa langkah mudah yang perlu kita lakukan ketika akan memulai bisnis online di era digital tahun 2019. Semoga, langkah-langkah ini bermanfaat dan membuat bisnis online berjalan lancar.

2 Responses to "Langkah-langkah Mudah Memulai Bisnis Online di Era Digital Tahun 2019"

  1. Makasih atas ilmu bisnis onlinenya ya mbak???. Wah saya jadi ingat pengalaman saat awal berbisni online, yah karena saya terlalu percaya dengan konsumen sehingga tertipu sekitar 3, 6 juta.

    Ceritanya begini:
    Awalnya saya transaksi dengan cara dia membayar dulu baru saya kirim barangnya. Setelah 5 kali transakasi, masih aman-aman saja. Namun untuk order ke-6 dia meminta aku mengirim barangnya dulu, ya karena kami sudah akrab lewat telepon, akhirnya saya pun percaya untuk mengirim barangnya dulu. Hmmm,,,nah di situlah uangku lenyap sampai sekarang ga mungkin kembali.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel