5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merencanakan Perjalanan Liburan Sekolah

Halo, Sobat Jejak. Hari Raya Idul Fitri sudah lewat. Namun, anak-anak masih libur panjang sekolah. Alhasil, saya dan suami harus putar otak mencari cara bagaimana mengisi liburan anak-anak. Nah, selama sepekan kemarin, anak-anak kami ajak bersilaturahmi ke rumah kakak saya di Lubuk Rukam, Sumatera Selatan. Kami pergi naik kereta api Tanjungkarang-Palembang yang tiketnya kami beli via online. Alhamdulillah, di zaman digital seperti sekarang beli tiket tidak harus dibeli di tempat. Bisa beli online sehingga prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat.

Anak-anak sangat menikmati perjalanan naik kereta api yang memang terasa jauh lebih nyaman dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Anak-anak terlihat antusias, apalagi setelah sampai di rumah Kakak. Mereka bisa merasakan suasana khas dusun di Sumatera Selatan, lengkap dengan pemandangan berupa rumah-rumah kayu panggung, sungai Ogan, dan lain-lain.

Berhubung liburan sekolah anak-anak masih lama, sepulang dari Lubuk Rukam, masih ada beberapa kegiatan liburan yang akan kami lakukan bersama anak-anak. Mulai dari sekadar makan-makan dan belanja di mall, ke toko buku, waterpark, ke kebun binatang, kerja bakti bersih-bersih rumah (hehehe), dan lain-lain. 

Nah, bagi Sobat Jejak yang juga ingin mengisi liburan sekolah anak-anak, berikut 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merencanakan Perjalanan Liburan Sekolah yang mungkin bisa menginspirasi Sobat Jejak:

5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merencanakan Perjalanan Liburan Sekolah (sumber: Pixabay)

1. Rencanakan liburan dari jauh-jauh hari
Sobat, merencanakan liburan dari jauh-jauh hari dapat membuat perencanaan kita menjadi lebih matang. Selain itu, kita juga memiliki banyak waktu untuk merevisi perencanaan yang dirasa kurang pas dengan jadwal maupun biaya yang akan dikeluarkan. Perencanaan liburan yang disusun jauh-jauh hari memungkinkan kita untuk mendapatkan tiket dan booking hotel murah. Misalnya dengan memesan via aplikasi pegipegi. Selain mudah, praktis, dan cepat, booking hotel di pegipegi memungkinkan kita untuk mendapatkan promo hotel murah. 

2. Libatkan anak-anak dalam membuat perencanaan
Terkadang, anak-anak memiliki selera yang berbeda terhadap suatu tempat wisata. Ada anak yang lebih suka ke gunung ketimbang ke laut. Ada yang lebih senang mengunjungi toko buku ketimbang museum. Nah, dengan melibatkan anak-anak dalam membuat perencanaan liburan, diharapkan anak-anak akan lebih bersemangat dan libutan pun menjadi lebih tepat sasaran. Anak-anak senang, orang tua pun ikut senang. 

3. Persiapkan barang bawaan secermat mungkin
Ketika merencanakan liburan bersama anak-anak, tentunya kita harus mempersiapkan barang bawaan yang mengakomodir keperluan mereka. Bawalah obat-obatan juga untuk mengantisipasi apabila anak demam karena kecapean atau mabuk kendaraan. Selain itu, sediakan juga camilan kesukaan anak-anak agar mereka tidak bengong atau bosan selama perjalanan. 

4. Cari hotel yang lokasinya dekat dengan tempat wisata
Mencari hotel yang lokasinya dekat dengan tempat wisata dapat menghemat waktu dan tenaga. Hal ini untuk menghindari terlalu lelahnya anak-anak selama perjalanan ke tempat wisata. Dengan demikian, mereka dapat menikmati tempat wisata favorit mereka dengan badan segar dan hati yang tenang.

5. Membuat ittinerary yang nyaman untuk anak
Membuat ittinerary adalah hal yang sangat penting ketika merencanakan perjalanan liburan sekolah. Ittinerary membuat agenda perjalanan menjadi lebih efektif dan teratur. Akan tetapi, ittinerary yang dibuat hendaknya nyaman untuk dijalani anak-anak. Jangan terlalu padat sehingga membuat mereka kelelahan dan kurang maksimal menikmati perjalanan liburan sekolah. 

Oke, Sobat. Itulah tadi 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Merencanakan Perjalanan Liburan Sekolah. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel