Mari Kenali Jenis Kelainan Jantung Bawaan

Penyakit jantung menjadi momok yang menakutkan banyak orang. Kenali jenis-jenisnya agar Anda bisa lebih waspada.
Penyakit jantung bawaan adalah masalah pada jantung yang biasanya muncul saat lahir. Mari kenali jenis-jenis kelainan jantung bawaan dan berbagai masalahnya. Mengenai jenis kelainan jantung bawaan membantu dalam hal pencegahan kegawatdaruratan.

Mari Kenali Jenis Kelainan Jantung Bawaan
Photo by shutterstock.com


Mengenal penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan atau jantung kongenital adalah penyakit sudah ada sejak bayi lahir. Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, kondisi ini dapat memengaruhi berbagai bagian dari jantung bayi, mulai dari dinding jantung, katup jantung, dan struktur pembuluh darah.

Untuk tingkat keparahannya sendiri, kelainan jantung bawaan cukup bervariasi, mulai dari keadaan yang sederhana, samping kondisi rumit dan mengancam nyawa.

Jenis-jenis penyakit jantung bawaan

Gangguan kelainan jantung bawaan dapat dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu:

1. Kelainan katup jantung

Normalnya, katup jantung harus menutup dan membuka dalam irama yang tepat untuk memastikan adanya aliran darah yang baik. Jika katup tidak menutup sempurna, maka aliran darah tidak dapat berjalan dengan baik.

Akibatnya, dapat muncul berbagai keluhan seperti cepat lelah, bibir kebiruan, atau sesak napas.

2. Kecacatan pada dinding jantung

Dalam keadaan normal, dinding jantung membatasi ruang jantung menjadi empat ruang yang berbeda. Jika terdapat kelainan pada dinding ruang jantung ini, maka darah dapat menumpuk di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

Darah yang kaya oksigen dapat bercampur dengan darah yang kandungan oksigennya sedikit. Hal ini dapat menyebabkan pasokan oksigen ke berbagai organ tubuh menjadi tidak optimal.

3. Kecacatan pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung

Di dalam tubuh manusia terdapat dua jenis pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung, yaitu pembuluh darah arteri yang membawa darah keluar dari jantung dan pembuluh darah vena yang membawa darah masuk ke dalam jantung.

Jika terjadi gangguan pada struktur pembuluh darah ini, maka darah dapat bercampur atau tersumbat, sehingga tidak terjadi aliran darah yang normal.

Itulah beberapa jenis kelainan jantung bawaan. Jenis-jenis di atas perlu diketahui agar Anda dapat lebih waspada terhadap penyakit mematikan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel