5 Tahapan Program Bayi Tabung yang Harus Anda Ketahui

Program bayi tabung merupakan salah satu program kehamilan yang saat ini banyak diminati para pasangan karena peluang kehamilannya yang cukup tinggi sehingga banyak diminati para pasangan suami istri yang belum dikaruniai momongan.

5 Tahapan Program Bayi Tabung yang Harus Anda Ketahui


Langkah Program Bayi Tabung yang Harus Dijalani

Prosedur bayi tabung membutuhkan waktu yang lama karena adanya berbagai tahapan yang harus dilakukan. Sebagai tambahan informasi, berikut langkah-langkah umum yang akan dilakukan ketika akan menjalani program kehamilan IVF. Apa saja langkah-langkahnya? Ini dia ulasannya.

1. Pemberian Obat Kesuburan

Langkah pertama yang akan dilakukan untuk merangsang kesuburan rahim adalah dengan memberikan obat kesuburan. Obat ini bertujuan untuk merangsang produksi sel telur pada wanita. Hal ini perlu dilakukan karena beberapa kendala kehamilan disebabkan oleh sel telur yang tidak berkembang.

2. Pengambilan Sel Telur

Setelah obat kesuburan diberikan dan sel telur matang, maka langkah selanjutnya yaitu pengambilan sel telur. Pengambilan sel telur ini dilakukan dengan penggunaan prosedur pembedahan. Pembedahan ini dilakukan dengan menggunakan ultrasound yang dibantu dengan jarum berongga untuk mengeluarkan sel telur.

3. Pengambilan Sampel Sperma

Setelah sel telur diambil, maka tahapan bayi tabung selanjutnya adalah meminta suami untuk menghasilkan sel sperma. Sampel sperma yang sudah didapat dari suami nantinya akan digabungkan dengan sel telur dari istri.

4. Inseminasi

Proses inseminasi merupakan proses penggabungan sel telur dan sel sperma dari pasangan. Penggabungan sel telur dan sel sperma ini dilakukan pada wadah kaca laboratorium. Pada proses penggabungan ini, sel sperma akan disuntikkan kedalam sel telur hingga mencapai pembuahan. Sel yang telah digabungkan kemudian dipantau untuk memastikan proses pembelahan sel dan perkembangannya.

5. Transfer Embrio

Ketika sel telur dan sel sperma yang telah digabungkan berhasil membelah dan membentuk embrio, maka langkah selanjutnya adalah mentransfer embrio kedalam rahim wanita. Proses implantasi ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 6-10 hari.

Banyaknya tahapan program bayi tabung tentu membuat Anda harus benar-benar serius dalam menjalaninya. Selain melakukan program bayi tabung, peluang kehamilan juga bisa semakin diperbesar jika mengetahui cara menyembuhkan infertilitas pria. Untuk mendapatkan penanganan dan diagnosis yang tepat dari tim spesialis berpengalaman, maka Anda dan pasangan juga bisa memeriksakan diri ke Bocah indonesia.

0 Response to "5 Tahapan Program Bayi Tabung yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa isi buku tamu, ya... ;)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel