Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Sederhana Cara Mencegah Jerawat

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, mungkin kalimat itu yang cocok bagi penderita jerawat. Jadi sebelum jerawat timbul, alangkah lebih baik jika kita melakukan hal-hal yang bisa mencegahnya. Karena biasanya jerawat membandel susah sekali untuk dihilangkan. Nah, tips sederhana cara mencegah jerawat berikut ini mungkin bisa membantu kalian memiliki wajah yang bebas jerawat.

Apa saja tips yang harus dilakukan agar jerawat bisa dicegah? Baca sampai tuntas artikel ini.

Tips Sederhana Cara Mencegah Jerawat


Tips Sederhana Cara Mencegah Jerawat

1. Jaga Kebersihan Wajah.

Kalian memiliki jerawat atau tidak, penting sekali mencuci muka untuk menghilangkan kotoran, sel kulit mati, dan minyak ekstra dari permukaan kulit kalian, minimal dua kali dalam sehari.  

Sebaiknya gunakan air hangat yang tidak terlalu panas, dan pembersih wajah yang ringan.

Menggunakan sabun mandi biasa, dapat menyebabkan kulit iritasi. Hindari menggosok kulit secara kasar dengan waslap, sarung tangan pengelupasan, atau spon bertekstur kasar. Cuci dengan lembut menggunakan kain lembut atau tangan kalian. 

Bilas dengan baik, lalu keringkan wajah kalian dengan menggunakan handuk bersih. Hindari menggunakan handuk handuk kotor, karena hal itu bisa menjadi penyebab menyebarnya bakteri.

2. Jaga Kelembaban Kulit Wajah

Banyak produk jerawat mengandung bahan yang mengeringkan kulit, jadi selalu gunakan pelembab yang meminimalkan kekeringan dan pengelupasan kulit kalian. Carilah pelembab yang sesuai dengan  kulit wajah kalian. Ada pelembab yang dibuat untuk kulit berminyak, kulit kering, atau kombinasi keduanya. 

3.Mencoba Obat Jerawat Yang Dijual Bebas

Obat jerawat yang dijual bebas ini tidak memerlukan resep dokter, jadi kalian bisa membelinya di apotik atau supermarket. Kebanyakan dari obat jerwat yang dijual bebas memiliki bahan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam laktat, yang mengekang bakteri dan mengeringkan kulit kalian. 

Obat jerawat tersebut dapat menyebabkan pengeringan bahkan pengelupasan. Jadi, cobalah terlebih dahulu dengan sedikit saja. Kemudian kalian dapat menyesuaikan seberapa banyak banyak dan seberapa sering harus kalian gunakan. 

4. Gunakan Kosmetik Secara Hemat

Saat berjerawat, hindari memakai alas bedak, bedak, atau perona pipi. Jika Anda memakai riasan, bersihkan di penghujung hari. Jika memungkinkan, pilih kosmetik yang bebas minyak dan tanpa tanpa tambahan pewarna serta bahan kimia. 

Pilih riasan yang berlabel noncomedogenic, yang artinya tidak menyebabkan jerawat. Baca daftar bahan pada label produk sebelum membeli. 

5. Jauhkan Tangan Dari Wajah

Hindari menyentuh wajah atau menopang pipi atau dagu dengan tangan. Tidak hanya dapat menyebarkan bakteri, hal itu juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah yang sudah meradang.

Jangan pernah memencet jerawat dengan jari, karena dapat menyebabkan infeksi. 

6.Hindari Makan Yang Terlalu Manis

Produk susu dan makanan tinggi gula dapat memicu timbulnya jerawat. Mengosumsi makanan yang tinggi gula, hal itu akan mempercepat pertumbuhan bakteri atau jamur di usus kalian. Dan bakteri inilah penyebab timbulnya jerawat kalian.

7. Berolahraga Setiap Hari. 

Olahraga teratur baik untuk seluruh tubuh, termasuk kulit kalian. Saat berolahraga, hindari menggunakan peralatan olahraga yang menggosok kulit kalian, karena hal itu dapat menyebabkan iritasi. Mandilah segera setelah berolahraga. 

8. Hindari Stress 

Beberapa penelitian menghubungkan stres dengan tingkat keparahan jerawat. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat kalian merasa stres. Setelah tahu jawabannya, kemudian carilah solusinya.

Jadi itulah 8 tips sederhana cara mencegah jerawat yang bisa kalian lakukan agar wajah bersih dan terbebas dari jerawat. 

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

5 Hal yang Harus Diingat Oleh Penderita HNP